ADVERTISEMENT

Pidato Singkat Pemimpin Taliban yang Mendadak Muncul Saat Lebaran

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 03 Mei 2022 06:01 WIB
Hibatullah Akhundzada, Sosok Pemimpin di Balik Kelompok Taliban
Foto: Pemimpin Tertinggi Taliban, Hibatullah Akhundzada (BBC World)
Kabul -

Pemimpin tertinggi Taliban yang kini menguasai Afghanistan, Hibatullah Akhundzada, secara mengejutkan tampil di publik saat hari raya Idul Fitri 1443 Hijriah. Kemunculan Hibatullah ini merupakan yang kedua selama 6 tahun belakangan.

Dilansir dari AFP, Senin (2/5/2022), pemimpin tertinggi Taliban itu muncul saat perayaan Idul Fitri di Afghanistan pada Minggu (1/5) waktu setempat. Dia bahkan sempat menyampaikan pidato di publik.

Hibatullah Akhundzada menyampaikan kepada jamaah yang merayakan Idul Fitri bahwa Taliban telah mencapai kebebasan dan keamanan sejak merebut kekuasaan tahun lalu. Dia memastikan hal tersebut berselang 2 hari dari ledakan bom di sebuah masjid di Kabul.

Hibatullah Akhundzada tampak dikelilingi pengamanan ekstra saat menyampaikan pidato tersebut.

"Selamat atas kemenangan, kebebasan dan kesuksesan," katanya kepada ribuan jemaah di masjid Eidgah di selatan kota Kandahar, pusat kekuatan de facto kelompok Taliban.

"Selamat atas keamanan ini dan untuk sistem Islam," sambungnya.

Untuk diketahui, sejumlah insiden pengeboman memang telah turun di Afghanistan semenjak kelompok Taliban menguasai Ibu Kota Kabul pada Agustus 2021 lalu. Meski begitu, selama 2 minggu terakhir di bulan Ramadan, peristiwa pengeboman kembali marak terjadi.

Insiden pengeboman dilaporkan baru-baru ini terjadi di sebuah masjid Suni di Kabul pada Jumat (29/4). Peristiwa tersebut menewaskan sedikitnya 10 orang. Kelompok teroris ISIS pun telah mengklaim serangan tersebut.

Akhundzada menyampaikan pidato singkatnya dari salah satu barisan depan jemaah di Kandahar tanpa menoleh ke arah kerumunan. Pejabat Taliban tidak mengizinkan wawancara terhadap Akhundzada.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

Saksikan juga 'Indonesia-Qatar Komitmen Bantu Pendidikan Anak di Afghanistan':

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT