Singapura Rayakan Idul Fitri 1443 H pada 3 Mei

Haris Fadhil - detikNews
Senin, 02 Mei 2022 16:55 WIB
Muslim Friday mass prayer in Turkey
Ilustrasi salat Id (Foto: Getty Images/iStockphoto/mustafagull)
Singapura -

Majlis Ugama Islam Singapura (MUIS) mengumumkan awal Syawal 1443 H jatuh pada 3 Mei 2022. Artinya, umat muslim di Singapura akan merayakan Idul Fitri 1443 H besok.

Dikutip dari Pengisytiharan Awal Syawal 1443 H/2022 M bagi Singapura dalam situs resmi MUIS, Senin (2/5/2022), awal Syawal di Singapura jatuh pada 3 Mei karena hilal tidak dapat terlihat di ufuk Singapura.

"Mengikut kiraan hisab, anak bulan Syawal tidak mungkin dapat dilihat di atas ufuk Singapura ketika matahari terbenam petang tadi dan tidak mencukupi syarat kriteria imkanur rukyah yang telah dipersetujui oleh negara-negara anggota MABIMS," demikian tulis MUIS dalam pengumuman berbahasa melayu yang diunggah di situs tersebut pada Minggu (1/5).

MUIS menyatakan Ramadan di Singapura digenapkan menjadi 30 hari. Idul Fitri pun bakal dirayakan pada 3 Mei 2022.

"Ini bererti esok adalah hari pencukup bulan Ramadan 30 hari dan awal bulan Syawal tahun 1443 H iaitu Hari Raya Aidilfitri jatuh pada lusa, Selasa bersamaan 3 Mei 2022," tulis MUIS.

Pejabat Mufti Singapura juga memberi penjelasan mengapa Idul Fitri dirayakan 3 Mei. Penetapan Ramadan dan Syawal, katanya, mengikuti panduan dari Nabi Muhammad.

Pejabat Mufti mengutip hadis yang menjelaskan soal kewajiban untuk berpuasa hingga melihat anak bulan atau hilal. Mufti juga menjelaskan metode yang digunakan untuk menentukan Idul Fitri di Singapura.

"Berdasarkan panduan Nabi SAW, ulama hari ini menggunakan dua kaedah utama, iaitu hisab (perkiraan mengikut ilmu falak) dan rukyah (pencerapan anak bulan) untuk memastikan jika anak bulan dapat dilihat ataupun tidak," ucap Pejabat Mufti dalam penjelasannya.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

Simak juga Video: Cerita Penumpang dari Banjarmasin Salat Idul Fitri di Kapal

[Gambas:Video 20detik]