Rohana Abdullah, Anak TKI yang Ditinggal Ibunya Resmi Jadi WN Malaysia

Haris Fadhil - detikNews
Minggu, 01 Mei 2022 12:02 WIB
Rohana Abdullah
Rohana Abdullah (Foto: Instagram @ismailsabri60)
Kuala Lumpur -

Rohana Abdullah (22) yang ditinggal ibu kandungnya dari Indonesia dan dirawat seorang perempuan Tionghoa Malaysia menangis bahagia saat menerima surat pemberian status kewarganegaraan Malaysia. Surat itu diberikan Menteri Dalam Negeri Datuk Seri Hamzah Zainuddin.

Diberitakan Bernama dan dilansir The Star, Minggu (1/5/2022), Rohana terlihat menerima surat tersebut lalu memberikan pelukan erat kepada ibu angkatnya, Chee Hoi Lan (83) sebelum ibu dan putrinya meninggalkan upacara.

Hamzah mengatakan Rohana menangis di atas panggung. Dia menyebut Rohana telah menunggu lama untuk mendapat kewarganegaraannya.

"Di atas panggung, dia (Rohana) menangis ketika dia mengatakan bahwa dia sudah lama menunggu keputusan tentang aplikasi kewarganegaraannya. Dia mengucapkan terima kasih kepada pemerintah dan saya memberi tahu dia bahwa kami memberikan kewarganegaraan kepada individu yang memenuhi syarat," kata Hamzah.

Rohana adalah salah satu dari 34 penerima berusia antara lima dan 24 tahun yang menerima kewarganegaraan Malaysia pada upacara yang diadakan di Kementerian Dalam Negeri.

Pasal 15A Konstitusi Federal memberikan wewenang khusus kepada Pemerintah Federal untuk mendaftarkan seseorang yang berusia di bawah 21 tahun sebagai warga negara.

Masalah kewarganegaraan Rohana menarik perhatian Perdana Menteri Malaysia Datuk Seri Ismail Sabri Yaakob yang telah menghubunginya untuk membantu dokumentasinya.

Rohana dikabarkan ditelantarkan saat berusia dua bulan oleh ibu kandungnya, seorang warga negara Indonesia, dan diasuh oleh Chee, seorang guru di sebuah taman kanak-kanak tempat ibu Rohana bekerja sebagai petugas kebersihan.

Simak juga Video: 101 TKI Dideportasi dari Malaysia Tiba di Parepare

[Gambas:Video 20detik]



(haf/imk)