PM Malaysia Beri Kewarganegaraan ke Anak TKI yang Ditinggal Ibunya

Tim detikcom - detikNews
Senin, 17 Jan 2022 16:40 WIB
Rohana Abdullah dan Chee Hoi Lan
Foto: YouTube Harian Metro
Jakarta -

Perdana Menteri (PM) Malaysia Ismail Sabri Yaakob telah memberikan komitmennya untuk membantu Rohana Abdullah, gadis keturunan Indonesia yang ditinggal ibunya sejak bayi, mendapatkan status kewarganegaraan Malaysia.

"Insya Allah, demi masa depan Rohana, saya akan membantunya mendapatkan kewarganegaraan dan kartu identitasnya," tulis pemimpin negeri jiran itu dalam postingan di laman Facebook-nya seperti diberitakan Bernama dan New Straits Times, Senin (17/1/2022).

Hal senada juga disampaikan Ismail Sabri melalui video yang dibagikan di akun media sosial sekretaris persnya, Asyraf Afnan Ahmad Murtadza.

Dalam postingan tersebut, sang perdana menteri yang terlihat berada di dalam kendaraannya, menghubungi Rohana untuk mendapatkan gambaran sebenarnya dari kesulitan yang dihadapi wanita muda tersebut.

Ismail Sabri mengaku mengetahui kesulitan yang dialami Rohana setelah membaca tentang dirinya di surat kabar.

PM Malaysia itu mengatakan bahwa petugasnya akan menghubungi Departemen Registrasi Nasional untuk membantu dokumentasi Rohana.

"Kalau ada (perkembangan) nanti, petugas saya akan menghubungi Anda," ujarnya dalam video berdurasi 1 menit 5 detik tersebut. Rohana juga terdengar berterima kasih kepada sang perdana menteri.