ADVERTISEMENT

Penjaga Keamanan Tewas Ditembak di Tepi Barat, Israel Buru Pelakunya

Tim Detikcom - detikNews
Sabtu, 30 Apr 2022 10:56 WIB
ilustrasi penembakan
Foto: Ilustrasi oleh Edi Wahyono
Jakarta -

Seorang penjaga yang ditempatkan di pintu masuk permukiman Ariel di Tepi Barat tewas ditembak. Militer Israel menyebut, pelakunya yang berjumlah dua orang berhasil kabur dengan mengendarai sebuah mobil.

"Teroris tiba di pintu masuk kota dan menembak seorang penjaga keamanan di pos jaga," kata militer Israel dalam sebuah pernyataan seperti diberitakan AFP, Sabtu (30/4/2022).

Militer Israel menyatakan pasukan sedang mengejar para tersangka dan beberapa jalan telah ditutup.

Layanan darurat mengkonfirmasi bahwa penjaga tersebut, berusia dua puluhan, telah meninggal karena luka-lukanya.

Gerakan Hamas yang berkuasa di Jalur Gaza, memuji serangan itu sebagai "operasi heroik untuk mengakhiri bulan suci Ramadan".

"Ini adalah bagian dari tanggapan rakyat kami atas serangan terhadap Al-Aqsa," kata juru bicara Hamas, Hazem Qassem dalam sebuah pernyataan, mengacu pada kekerasan di kompleks masjid Al-Aqsa pada hari Jumat (29/3) yang menyebabkan puluhan orang terluka.

Dilansir AFP, Jumat (29/4/2022), polisi Israel mengatakan pasukan memasuki kompleks masjid Al-Aqsa setelah adanya pelemparan batu dan kembang api. Polisi kemudian berupaya menahan kerusuhan. Saksi dan wartawan AFP mengatakan polisi menembakkan gas air mata dan peluru karet.

Organisasi Bulan Sabit Merah mengatakan sebagian besar warga terluka cedera tubuh bagian atas. Bentrokan mereda setelah salat subuh, menurut saksi mata dan wartawan AFP.

Sebelumnya, selama dua minggu terakhir, lebih dari 250 warga Palestina terluka dalam bentrokan di kompleks Al-Aqsa, situs tersuci ketiga Islam yang merupakan situs paling suci bagi orang Yahudi atau disebut Temple Mount.

(ita/ita)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT