Amerika Serikat Merespons Konfirmasi Putin ke Jokowi Hadiri KTT G20

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Sabtu, 30 Apr 2022 07:13 WIB
Russian President Vladimir Putin (R) and his Indonesian counterpart Joko Widodo attend a signing ceremony after a meeting at the Bocharov Ruchei state residence in Sochi, Russia, May 18, 2016. REUTERS/Sergei Karpukhin
Foto: Presiden Jokowi dan Vladimir Putin (Reuters)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan Presiden Rusia Vladimir Putin menyatakan akan menghadiri KTT G20 di Indonesia. Amerika Serikat (AS) menegaskan Presiden AS Joe Biden tetap menentang kehadiran Putin di KTT G20.

"Presiden Joe Biden telah menyatakan secara terbuka penentangannya terhadap Presiden Putin yang menghadiri G20. Kami menyambut baik kehadiran Ukraina," ujar Sekretaris Pers Gedung Putih Jen Psaki, seperti dilansir dari AFP, Sabtu (30/4/2022).

"Kami telah menyampaikan pandangan kami bahwa kami tidak berpikir mereka harus menjadi bagian dari itu secara publik dan pribadi," sambungnya.

Selain itu, Jen Psaki mengatakan AS dengan Indonesia memang memiliki hubungan. Dia turut menyinggung bahwa undangan Indonesia ke Rusia untuk menghadiri KTT G20 sudah dikirim sebelum Rusia menginvasi Ukraina.

Sementara itu, Jubir Departemen Luar Negeri Jalina Porter menyatakan Amerika Serikat tidak akan pernah bisa bersikap seperti biasanya lagi dengan Rusia di panggung internasional.

Porter enggan berkomentar apakah Amerika Serikat akan menghadiri KTT G20 di Bali.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengungkapkan isi perbincangan telepon dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy dan Presiden Rusia Vladimir Putin. Dalam telepon dengan Putin, Jokowi menyebut Presiden Rusia tersebut siap menghadiri KTT G20 di Indonesia.

"Perbincangan per telepon dengan Presiden Rusia Vladimir Putin, Presiden Rusia memberikan update mengenai situasi di Ukraina, termasuk proses negosiasi yang terus berlangsung antara Rusia dan Ukraina. Saya kembali menekankan pentingnya perang segera diakhiri," kata Jokowi dalam siaran YouTube, Jumat (29/4).

Jokowi menekankan solusi damai dalam pembicaraan dengan Putin. Jokowi menyebut Indonesia siap berkontribusi mengakhiri perang Rusia dan Ukraina.

"Saya juga menekankan agar solusi damai dapat terus dikedepankan dan Indonesia siap berkontribusi untuk upaya damai tersebut," ujar Jokowi.

Barulah Jokowi menyampaikan hasil pembicaraan soal KTT G20 bersama Putin. Putin, kata Jokowi, menyatakan akan menghadiri KTT G20.

"Dalam kesempatan tersebut, Presiden Putin menyampaikan terima kasih atas undangan KTT G20 dan beliau menyatakan akan hadir," kata dia.

Saksikan juga: "Kisah Pilot Viral, Tembus Daerah Konflik dan Tangis Haru di Ujung Karir"

[Gambas:Video 20detik]



(drg/drg)