Jokowi: Putin Nyatakan Akan Hadiri KTT G20

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Jumat, 29 Apr 2022 16:09 WIB
Jokowi bertemu Putin di Sochi Rusia
Presiden Jokowi dan Presiden Putin (Angga Aliya/detikcom)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan isi perbincangan telepon dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy dan Presiden Rusia Vladimir Putin. Dalam telepon dengan Putin, Jokowi menyebut Presiden Rusia tersebut siap menghadiri KTT G20 di Indonesia.

"Perbincangan per telepon dengan Presiden Rusia Vladimir Putin, Presiden Rusia memberikan update mengenai situasi di Ukraina, termasuk proses negosiasi yang terus berlangsung antara Rusia dan Ukraina. Saya kembali menekankan pentingnya perang segera diakhiri," kata Jokowi dalam siaran YouTube, Jumat (29/4/2022).

Jokowi menekankan solusi damai dalam pembicaraan dengan Putin. Jokowi menyebut Indonesia siap berkontribusi mengakhiri perang Rusia dan Ukraina.

"Saya juga menekankan agar solusi damai dapat terus dikedepankan dan Indonesia siap berkontribusi untuk upaya damai tersebut," ujar Jokowi.

Barulah Jokowi menyampaikan hasil pembicaraan soal KTT G20 bersama Putin. Putin, kata Jokowi, menyatakan akan menghadiri KTT G20.

"Dalam kesempatan tersebut, Presiden Putin menyampaikan terima kasih atas undangan KTT G20 dan beliau menyatakan akan hadir," kata dia.

Sebelumnya, berita komunikasi Jokowi dan Putin pertama kali dirilis langsung laman resmi Kremlin. Komunikasi ini juga berkaitan dengan kegiatan G20, yang akan berlangsung di Jakarta.

"Isu kerja sama Rusia-Indonesia dibahas serta dengan mempertimbangkan kepemimpinan Jakarta dalam G20, berbagai aspek kegiatan asosiasi ini," bunyi keterangan di laman Kremlin itu.

Selain itu, Putin menguraikan penilaian Rusia atas kondisi di Ukraina saat ini. Saat ini, operasi militer masih berlangsung di Ukraina.

"Atas permintaan Joko Widodo, Vladimir Putin menguraikan penilaian Rusia terhadap situasi di Ukraina dalam konteks operasi militer khusus yang sedang berlangsung," demikian keterangan Kremlin.

Simak video 'Jokowi Telepon Putin, Bahas Apa?':

[Gambas:Video 20detik]



(gbr/knv)