Apakah Putin Akan Gunakan Senjata Nuklir? Ini Kata PM Inggris

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 27 Apr 2022 15:52 WIB
Prime Minister Boris Johnson in 10 Downing Street, London, ahead of talks with Prime Minister of Kurdistan, Masrour Barzani Tuesday April 19, 2022. (Daniel Leal/pool photo via AP)
PM Inggris Boris Johnson (dok. Daniel Leal/pool photo via AP)
London -

Perdana Menteri (PM) Inggris Boris Johnson memperkirakan Presiden Rusia Vladimir Putin tidak akan mengerahkan senjata nuklir jika terus mengalami kegagalan dalam operasi militer di Ukraina. Johnson mengingatkan Putin masih memiliki kesempatan untuk melakukan manuver dan mengakhiri perang.

Seperti dilansir media Inggris, Evening Standard, Rabu (27/4/2022), pernyataan itu disampaikan Johnson dalam wawancara dengan Tom Newton Dunn di TalkTV pada Selasa (26/4) malam waktu setempat.

Saat ditanya apakah dirinya memperkirakan Putin akan mempertimbangkan penggunaan senjata nuklir taktis jika Rusia mengalami lebih banyak kegagalan militer di Ukraina, Johnson menjawab dengan tegas: "Tidak, saya tidak memperkirakan itu."

"Mengingat dukungan besar warga Rusia atas apa yang dilakukannya, mengingat media Rusia yang tidak menyadari apa yang sebenarnya terjadi di Ukraina, paradoksnya adalah bahwa Putin memiliki lebih banyak ruang politik untuk mundur, untuk menarik diri," ujar Johnson dalam wawancara tersebut.

Dalam wawancara tersebut, Johnson juga ditanya soal perselisihan antara London dan Moskow, setelah Rusia mengancam Inggris bahwa akan ada 'respons proporsional' segera jika Inggris terus memprovokasi Ukraina dalam menyerang target-target di wilayah Rusia.

Kementerian Pertahanan Rusia mengutip pernyataan Menteri Angkatan Bersenjata Inggris James Heappey yang menyatakan kepada radio BBC bahwa sepenuhnya sah bagi Ukraina untuk memburu target di dalam wilayah Rusia untuk mengganggu logistik dan jalur pasokan.

Saat ditanya soal cekcok itu, Johnson menegaskan bahwa memiliki hak untuk melindungi diri mereka sendiri. Namun dia juga menambahkan bahwa Inggris tidak menginginkan krisis semakin meningkat hingga ke luar perbatasan Ukraina.

Simak juga 'Sekjen PBB Akan Temui Putin dan Zelensky':

[Gambas:Video 20detik]