20 Orang Terluka dalam Bentrokan Terbaru di Masjid Al-Aqsa

Farih Maulana Sidik - detikNews
Senin, 18 Apr 2022 03:32 WIB
Israeli security forces take position during clashes with Palestinians demonstrators at the Al Aqsa Mosque compound in Jerusalems Old City, Friday, April 15, 2022. (AP Photo/Mahmoud Illean)
Ilustrasi bentrokan di Masjid Al-Aqsa (Foto: AP/Mahmoud Illean)
Jerusalem -

Lebih dari 20 warga Palestina dan Israel terluka pada Minggu (17/4) dalam beberapa insiden bentrokan di sekitar kompleks Masjid Al-Aqsa di Yerusalem. Kejadian tersebut terjadi dua hari usai kekerasan besar di lokasi itu.

Dilansir dari AFP, Senin (18/4/2022), bentrokan terbaru membuat jumlah korban luka sejak Jumat (15/4) menjadi lebih dari 170 orang ketika festival Paskah Yahudi bertepatan dengan bulan puasa Ramadan.

Pada Minggu pagi, polisi mengatakan ratusan demonstran Palestina di dalam kompleks masjid mulai mengumpulkan tumpukan batu, tak lama sebelum kedatangan pengunjung Yahudi.

Orang-orang Yahudi diizinkan untuk mengunjungi tetapi tidak untuk berdoa di situs tersebut, yang juga dikenal sebagai Temple Mount, tempat tersuci dalam Yahudi dan ketiga tersuci dalam Islam.

Polisi Israel mengatakan pasukannya telah memasuki kompleks untuk mengusir para demonstran dan 'menegakkan kembali ketertiban'.

Bulan Sabit Merah Palestina mengatakan 19 warga Palestina terluka, termasuk sedikitnya 5 orang yang dirawat di rumah sakit. Beberapa yang terluka itu disebut terkena peluru baja berlapis karet.

Untuk diketahui, Indonesia mengecam kekerasan yang dilakukan aparat Israel terhadap warga Palestina di Masjid Al-Aqsa tersebut. Indonesia mendesak kekerasan terhadap warga Palestina dihentikan.

Sikap Indonesia itu disampaikan Kementerian Luar Negeri (Kemlu) melalui akun Twitter @Kemlu_RI, seperti dilihat Sabtu (16/4).

"Indonesia mengecam keras aksi kekerasan bersenjata aparat keamanan Israel terhadap Warga Palestina di komplek Masjid Al-Aqsa (15/4), yang memakan korban jiwa dan luka-luka," tulis Kemlu.

(fas/fas)