Serangan Roket di Kiev, 1 Tewas-Sejumlah Orang Terluka

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Sabtu, 16 Apr 2022 20:12 WIB
A boy rides a bicycle past a part of a missile leaning against a pole in Chernihiv, Ukraine, Thursday, April 7, 2022. (AP Photo/Evgeniy Maloletka)
Ilustrasi (Foto: AP/Evgeniy Maloletka)
Kiev -

Wali Kota Kiev Vitali Klitschko mengatakan satu orang tewas setelah Ibu Kota Ukraina, Kiev, dihantam serangan roket. Sementara beberapa orang lainnya dilaporkan terluka.

"Akibat serangan roket pagi hari, satu orang tewas dan beberapa orang terluka dirawat di rumah sakit di Distrik Darnytskyi di ibu kota," kata Wali Kota Vitali Klitschko dalam sambutan yang disiarkan televisi seperti dilansir CNN, Sabtu (16/4/2022).

"Pasukan pertahanan udara kami melakukan segala yang mungkin untuk melindungi kami, tetapi musuh berbahaya dan kejam," tambahnya.

Klitschko sebelumnya mendesak warga yang telah dievakuasi dari Kiev untuk menahan diri untuk kembali, setelah beberapa ledakan terjadi di pinggiran ibu kota.

"Bukan rahasia lagi bahwa salah satu jenderal Rusia baru-baru ini menyatakan bahwa mereka siap untuk serangan rudal di Ibu Kota Ukraina. Dan, seperti yang kita lihat, mereka melakukan penembakan seperti itu," tambahnya.

Militer Rusia telah memperingatkan pada Rabu (13/4) bahwa mereka akan menyerang "pusat pengambilan keputusan" Ukraina - termasuk yang ada di ibu kota Ukraina. Hal ini sebagai tanggapan atas apa yang dikatakan sebagai "upaya sabotase dan serangan" di tanah Rusia.

Dua hari kemudian Rusia melakukan serangan semacam itu terhadap "fasilitas militer" di pinggiran Kiev.

"Malam ini sebuah fasilitas militer di pinggiran Kiev dihantam oleh rudal laut jarak jauh presisi tinggi Kalibr," kata juru bicara Kementerian Pertahanan Rusia, Mayjen Igor Konashenkov.

"Akibat serangan terhadap bengkel pabrik pembuat mesin Zhuliany Vizar untuk produksi dan perbaikan sistem rudal anti-pesawat jarak jauh dan menengah hancur, serta rudal anti-kapal," tambah Konashenkov.

(lir/jbr)