Kian Mencekam Kondisi Ukraina Pasca Kapal Rusia Tenggelam

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 16 Apr 2022 04:09 WIB
Kemenhan Rusia menyatakan kapal perang Moskva telah tenggelam setelah sempat terbakar hebat di Laut Hitam. Ini penampakan kapal itu saat masih beroperasi.
Kapal perang Rusia yang tenggelam di Laut Hitam (Foto: REUTERS/Stringer/File Photo)
Kiev -

Kapal perang Rusia tenggelam di Laut Hitam. Peristiwa itu pun membuat kondisi di Ukraina semakin mencekam.

Dilansir dari AFP, Ukraina mengklaim telah meluncurkan serangan rudal ke kapal perang Rusia yang berisi 510 awak. Kapal itu kemudian terbakar hebat di tengah badai.

"Rudal Neptunus yang menjaga Laut Hitam menyebabkan kerusakan yang sangat serius pada kapal Rusia. Kemuliaan bagi Ukraina!" kata Gubernur Odessa Oblast Maksym Marchenko di Telegram, Kamis (14/4/2022).

Penasihat presiden Ukraina Oleksiy Arestovych juga mengonfirmasi serangan itu. Dia mengatakan kejutan terjadi dengan kapal utama Armada Laut Hitam Rusia.

Dia menyebut kapal itu berisi 510 awak dan terbakar hebat. Dia belum bisa memastikan apakah kapal tersebut bisa dievakuasi.

"Ini terbakar hebat. Saat ini. Dan dengan badai laut ini tidak diketahui apakah mereka akan dapat menerima bantuan. Ada 510 awak kapal," katanya dalam siaran YouTube.

"Kami tidak mengerti apa yang terjadi," lanjutnya.

Rusia Bantah Kapal Diserang

Pernyataan berbeda disampaikan Rusia. Menurut Rusia, kapal perang Moskva berjenis missile cruiser tersebut tidak diserang. Menurut Rusia, kapal itu awalnya mengalami kebakaran lalu memicu ledakan amunisi.

"Akibat kebakaran, amunisi meledak di kapal penjelajah rudal Moskva. Kapal mengalami kerusakan parah," sebut Kementerian Pertahanan Rusia seperti dilansir dari Reuters dan AFP.

Kemhan Rusia menyebut penyebab kebakaran masih diselidiki. Rusia juga mengklaim semua awak telah dievakuasi.

"Para awak telah sepenuhnya dievakuasi," ujar pernyataan itu.

Kapal Tenggelam

Kapal Moskva itu akhirnya tenggelam saat proses penarikan ke pelabuhan. Pihak Rusia menyebut kapal tenggelam karena kerusakan pada bagian lambung.

"Selama penarikan kapal penjelajah Moskow ke pelabuhan tujuan, kapal kehilangan stabilitasnya karena kerusakan lambung yang diterima selama kebakaran dari peledakan amunisi. Dalam kondisi laut badai, kapal tenggelam," kata pernyataan itu menurut TASS sebagaimana dilansir dari CNN, Jumat (15/4/2022).

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

Saksikan juga: Keakraban Pak Ribut & April, Guru Murid yang Viral di Tiktok

[Gambas:Video 20detik]