ADVERTISEMENT

Rusia Serang Konvoi Militer Ukraina!

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 10 Apr 2022 14:05 WIB
Serangan udara mengguncang kota pelabuhan strategis Ukraina, Odessa. Serangkaian ledakan terdengar di sejumlah daerah.
ilustrasi (Foto: AP/Max Pshybyshevsky)
Jakarta -

Helikopter serang milik Rusia telah menghancurkan konvoi kendaraan lapis baja dan peralatan militer Ukraina. Kabar itu diberitakan oleh kantor berita Interfax yang mengutip Kementerian Pertahanan Rusia.

"Helikopter serang KA-52 menghancurkan senjata dan peralatan militer angkatan bersenjata Ukraina," demikian dilaporkan Interfax, dilansir Reuters, Minggu (10/4/2022).

Dalam laporannya, Kemenhan Rusia disebut menunjukkan rekaman video yang menunjukkan helikopter KA-52 terbang di ketinggian rendah. Sesaat kemudian, helikopter milik Rusia itu meluncurkan rudal-rudal dan menembakkannya ke sejumlah target dari udara.

Namun lokasi dan waktu serangan tidak dijelaskan dalam rekaman tersebut.

Sebelumnya, pasukan Rusia juga dilaporkan menembaki warga sipil di Donetsk, Ukraina. Akibatnya 5 orang tewas.

"Hari ini, lima orang tewas setelah penembakan Rusia di wilayah Donetsk," ujar Gubernur Donetsk Pavlo Kyrylenko, seperti dilansir dari AFP, Minggu (10/4/2022).

Pavlo mengatakan empat warga sipil yang tewas ditembak itu meninggal di kota Vugledar. Sementara satu warga lainnya tewas di kota Novomikhaylovka.

Selain itu, Pavlo menjelaskan ada lima warga sipil lainnya yang terluka karena ditembak. "Ada lima warga sipil lain yang terluka akibat penembakan itu," ucapnya.

Saat ini, pertempuran sengit terjadi di wilayah itu. Penduduk yang masih tinggal di daerah tersebut didesak untuk mengungsi, bahkan sebelum pasukan Rusia tiba.

Pada hari Sabtu, tentara Ukraina mengumumkan di Facebook bahwa mereka telah menghancurkan empat tank, delapan kendaraan lapis baja, tujuh kendaraan musuh, sebuah pesawat, serta helikopter dan drone.

(izt/dhn)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT