Gagal Rebut Kyiv, Putin Tunjuk Jenderal Baru untuk Pimpin Perang di Ukraina

ADVERTISEMENT

Gagal Rebut Kyiv, Putin Tunjuk Jenderal Baru untuk Pimpin Perang di Ukraina

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Minggu, 10 Apr 2022 06:21 WIB
Russian President Vladimir Putin speaks during his annual end-of-year news conference in Moscow, Russia, December 14, 2017. REUTERS/Sergei Karpukhin
Foto: Presiden Rusia Vladimir Putin (Dok. REUTERS/Sergei Karpukhin)
Jakarta -

Presiden Rusia Vladimir Putin dikabarkan menunjuk seorang jenderal baru untuk memimpin perang di Ukraina. Penunjukan dilakukan usai Rusia gagal menaklukkan ibu kota Ukraina, Kyiv.

Dilansir dari CNN, Minggu (10/4/2022), seorang pejabat Amerika Serikat (AS) dan pejabat Eropa mengatakan Jenderal Angkatan Darat Alexander Dvornikov, yang merupakan komandan Distrik Militer Selatan Rusia, ditunjuk menjadi komandan militer Rusia di Ukraina.

"Ini menunjukkan pengakuan Rusia bahwa itu berjalan sangat buruk dan mereka perlu melakukan sesuatu yang berbeda," kata pejabat Eropa itu.

Komandan baru ini diharapkan dapat fokus pada wilayah Donbas. Dia dilaporkan sudah berpengalaman dalam pertempuran.

Adapun Alexander Dvornikov, yang saat ini menginjak usia 60 tahun, merupakan komandan pertama operasi militer Rusia di Suriah, setelah Putin mengirim pasukan ke sana pada September 2015 untuk mendukung pemerintah Presiden Suriah Bashar al-Assad.

Lebih lanjut, pejabat Eropa itu menantikan seberapa tepat keputusan Putin dalam penunjukan jenderal baru itu. Namun, dia memprediksi Rusia tetap menggunakan cara-cara lama.

"Kami akan melihat seberapa efektif itu terbukti. Doktrin Rusia, taktik Rusia tetap sama seperti sejak Afghanistan. Mereka melakukan hal-hal dengan cara lama yang sama," tutur pejabat tersebut.

Saksikan juga: Kisah CEO Mahdi, Ada Kemuliaan di Bisnis Minuman Kekinian.

[Gambas:Video 20detik]



(drg/drg)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT