Pesawat Boeing 757 Patah Jadi Dua Usai Tergelincir di Kosta Rika!

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 08 Apr 2022 09:39 WIB
A cargo jet that spun off lays broken on the runway of the Juan Santamaria International Airport in Alajuela, Costa Rica, Thursday, April 7, 2022. According to the fire department, both the pilot and the co-pilot are reported in good health, and accident caused the total closure of the air terminal. (AP Photo/Carlos Gonzalez)
Pesawat kargo DHL jenis Boeing 757 patah jadi dua usai tergelincir di bandara Kosta Rika (AP Photo/Carlos Gonzalez)
San Jose -

Sebuah pesawat kargo milik perusahaan ekspedisi DHL tergelincir di landasan dan patah menjadi dua bagian saat melakukan pendaratan di Bandara Internasional San Jose, Kosta Rika. Insiden ini memicu penutupan sementara bandara setempat.

Seperti dilansir Associated Press, Jumat (8/4/2022), Departemen Pemadam Kebakaran Kosta Rika menyebut pesawat kargo jenis Boeing 757 itu lepas landas dari Bandara Juan Santamaria, namun memutuskan untuk kembali setelah mendeteksi kerusakan pada sistem hidrolik.

Direktur Departemen Pemadam Kebakaran Kosta Rika, Hector Chaves, menuturkan bahwa pesawat kargo itu tergelincir di landasan saat melakukan pendaratan, kemudian berbelok dan patah menjadi dua, sehingga muatan kargo di dalamnya terlihat dari luar. Insiden ini terjadi pada Kamis (7/4) waktu setempat.

"Unit-unit dikerahkan untuk mengevakuasi pilot dan kopilot," tutur Chaves dalam pernyataannya.

"Mereka kemudian mengerahkan busa untuk mencegah adanya tumpahan dan sekarang mereka bekerja membuat tanggul tanah untuk mencegah bahan bakar apapun mencapai sistem drainase," jelasnya.

Juru bicara maskapai kargo DHL menyatakan kedua pilot tidak mengalami luka-luka, namun salah satunya menjalani pemeriksaan medis sebagai pencegahan.

DHL merupakan anak perusahaan dari Deutsche Post DHL Group. Dalam pernyataan terpisah, juru bicara DHL, Daniel McGrath, menjelaskan bahwa pihaknya tengah bekerja sama dengan otoritas bandara untuk memindahkan pesawat agar penerbangan di bandara setempat bisa berlanjut.

Penyebab insiden ini belum diketahui secara jelas. McGrath menyatakan penyelidikan akan dilakukan untuk mencari tahu penyebabnya.

Simak juga 'Pesawat China Eastern Airlines Jatuh, Boeing Segerakan Investigasi':

[Gambas:Video 20detik]