ADVERTISEMENT

Ngeri! COVID Bikin Kewalahan Pemakaman Hong Kong: Mayat-mayat Menumpuk!

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 06 Apr 2022 12:35 WIB
Refrigerated containers to store corpses are placed at a parking lot as mortuaries run out of space, following the coronavirus disease (COVID-19) outbreak in Hong Kong, China, March 5, 2022. REUTERS/Tyrone Siu
Ilustrasi -- Hong Kong kekurangan pasokan peti mati di tengah gelombang virus Corona (REUTERS/Tyrone Siu)
Hong Kong -

Gelombang virus Corona (COVID-19) yang terus melanda Hong Kong membuat kewalahan para penyedia jasa pemakaman. Pasokan peti mati kayu mulai menipis saat otoritas setempat bergegas menambah jumlah kamar mayat dalam menghadapi banyaknya kematian akibat Corona.

Seperti dilansir Reuters, Rabu (6/4/2022), mayat-mayat memenuhi rumah duka setempat saat gelombang kelima Corona yang melanda Hong Kong tahun ini dilaporkan memicu total lebih dari 1 juta kasus dan lebih dari 8.000 kematian.

Pemandangan mayat-mayat menumpuk di ruang gawat darurat, bahkan di sebelah para pasien, telah mengejutkan banyak pihak di tengah terisi penuhnya kamar-kamar mayat setempat.

"Saya belum pernah melihat begitu banyak mayat ditumpuk bersama-sama," tutur seorang direktur jasa pemakaman setempat, Lok Chung (37), yang telah bekerja nonstop dengan sekitar 40 pemakaman digelar pihaknya pada Maret lalu -- meningkat dari rata-rata 15 pemakaman setiap bulannya.

"Saya tidak pernah melihat anggota keluarga begitu kesal, begitu kecewa, begitu tidak berdaya," imbuhnya kepada Reuters.

Chung menambahkan bahwa penantian lama dalam memproses dokumen kematian turut menghambat kinerjanya. Pekan lalu, dia harus bergegas dari kamar mayat untuk mengurusi pengaturan pemakaman untuk pasien-pasien Corona.

Disebutkan Chung bahwa keluarga seorang wanita yang meninggal pada 1 Maret masih harus menunggu dokumen untuk mengambil jenazahnya.

Simak juga 'Wujud Peti Mati Kardus untuk Jenazah Covid di Hong Kong':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT