ADVERTISEMENT

Masjidil Haram Kembali Gelar Buka Puasa Bersama, Disambut Sukacita

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 03 Apr 2022 11:53 WIB
Masjidil Haram di Mekah dibuka dalam kapasitas penuh, dua WNI termasuk di antara ribuan jemaah pertama yang masuk - menangis, merinding
Ilustrasi (Foto: BBC World)
Jakarta -

Bulan Ramadan di Arab Saudi disambut suka cita umat Islam yang tinggal di sana. Negara yang mulai melaksanakan puasa sejak Sabtu (2/4) lalu ini kembali menggelar kegiatan buka bersama di Masjidil Haram setelah dua tahun ditiadakan imbas Covid-19.

Dilansir Arab News, Minggu (3/4/2022), suasana suka cita menyambut detik-detik buka bersama di pelataran masjidil Haram tampak begitu meriah. Ribuan orang tampak duduk sembari menunggu makanan disiapkan.

Badan resmi dan sejumlah asosiasi mendistribusikan kembali makanan berbuka puasa setiap harinya selama bulan Ramadan. Mereka akan menyajikan berbagai jenis kurma dan air zamzam untuk menu iftar.

Pihak pengelola dua masjid (Masjidil Haram dan Masjid Nabawi) telah memberikan lebih dari 2.000 izin untuk menyediakan makanan buka puasa khusus yang telah disiapkan dan didistribusikan di bawah pedoman COVID-19. Pihaknya juga juga melarang penggunaan gelas plastik untuk minuman panas dan distribusinya di koridor dan di pintu masuk kedua masjid.

Para jemaat bersyukur masjidil Haram kembali menyediakan buka puasa bersama setelah dua tahun ditiadakan imbas Covid-19.

Selain kembali diperbolehkannya berbuka puasa bersama, pelaksanaan salat Tarawih di Masjidil Haram kini tak lagi perlu menjaga jarak.

Diketahui Arab Saudi dan beberapa negara kawasan teluk Arab menetapkan awal 1 Ramadan 1443 H pada Sabtu, 2 April 2022. Dalam laporan AFP disebutkan, banyak negara mayoritas muslim mengikuti tanggal yang ditetapkan oleh otoritas agama Arab Saudi. Namun, beberapa tahun terakhir mulai banyak yang menggunakan perhitungan astronomi mereka sendiri.

Empat negara Arab lainnya di teluk, Bahrain, Kuwait, Qatar dan UEA, juga telah mengumumkan awal Ramadan pada Sabtu. Sementara Oman mengatakan akan memulai Ramadan pada Minggu, sama seperti di Indonesia.

Simak Video 'Menengok Suasana Pelaksanaan Salat Tarawih di Masjidil Haram':

[Gambas:Video 20detik]



(izt/knv)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT