Pejabat PBB Akan ke Rusia Bahas Gencatan Senjata Kemanusiaan di Ukraina

ADVERTISEMENT

Pejabat PBB Akan ke Rusia Bahas Gencatan Senjata Kemanusiaan di Ukraina

Tim Detikcom - detikNews
Sabtu, 02 Apr 2022 11:53 WIB
Rusia berjanji kurangi aktivitas militer di Ukraina. Namun, beberapa jam setelahnya Rusia dilaporkan melancarkan serangan baru ke kawasan Chernihiv, Ukraina.
kerusakan di Ukraina akibat serangan Rusia (Foto: AP Photo)
Jakarta -

Seorang pejabat tinggi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) akan mengunjungi Moskow, Rusia akhir pekan ini untuk mengupayakan "gencatan senjata kemanusiaan" di Ukraina. Demikian disampaikan Sekjen PBB Antonio Guterres pada Jumat (1/4) waktu setempat.

Dilansir dari kantor berita AFP, Sabtu (2/4/2022), Martin Griffiths, Wakil Sekretaris Jenderal PBB untuk Urusan Kemanusiaan, akan terbang ke Moskow pada hari Minggu (3/4) sebelum kemudian ke Kiev, Ukraina.

Guterres mengatakan bahwa kunjungan itu menunjukkan "bahwa kami tidak menyerah pada perspektif untuk menghentikan pertempuran, di Yaman, di Ukraina, di mana pun di dunia."

Menurut pemimpin badan dunia itu, baik Rusia dan Ukraina telah sepakat untuk bertemu Griffiths.

Rusia sebelumnya telah menolak kunjungan pejabat senior PBB untuk membahas perangnya di Ukraina. Termasuk dalam minggu-minggu sebelum invasi ke Ukraina pada 24 Februari, ketika Guterres berusaha mengirim wakilnya untuk urusan politik, Rosemary DiCarlo.

Sejak pecahnya perang, Sekjen PBB tersebut telah gagal untuk berkomunikasi dengan Presiden Rusia Vladimir Putin. Menurut para diplomat, Putin marah dengan tuduhan Guterres bahwa Rusia telah melanggar Piagam PBB dengan menyerang tetangganya.

Moskow telah menolak istilah "perang" dan menegaskan pihaknya melakukan "operasi militer khusus" di Ukraina.

(ita/ita)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT