ADVERTISEMENT

Erdogan dan Putin Teleponan Lagi Bahas Perang di Ukraina

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 28 Mar 2022 12:43 WIB
Russian President Vladimir Putin, right, and Turkish President Recep Tayyip Erdogan talk to each other during their meeting in the Bocharov Ruchei residence in the Black Sea resort of Sochi, Russia, Wednesday, Sept. 29, 2021. (Vladimir Smirnov, Sputnik, Kremlin Pool Photo via AP)
Ilustrasi -- Erdogan dan Putin duduk bersama dalam pertemuan di Sochi, Rusia, tahun 2021 lalu (dok. Vladimir Smirnov, Sputnik, Kremlin Pool Photo via AP)
Ankara -

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan kembali berbicara via telepon dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di tengah perang yang berlangsung di Ukraina. Dalam percakapan telepon itu, Erdogan menekankan kepada Putin soal perlunya gencatan senjata dan kondisi kemanusiaan yang lebih baik.

Seperti dilansir Reuters, Senin (28/3/2022), percakapan telepon antara Erdogan dan Putin itu digelar pada Minggu (27/3) waktu setempat

"Erdogan menekankan pentingnya gencatan senjata antara Rusia dan Ukraina, penerapan perdamaian dan peningkatan kondisi kemanusiaan di kawasan," demikian pernyataan kantor kepresidenan Turki merujuk pada konteks pembicaraan via telepon itu.

Disebutkan juga bahwa dalam percakapan telepon itu, kedua kepala negara menyepakati pembicaraan selanjutnya untuk upaya perdamaian antara Rusia dan Ukraina akan digelar di Istanbul, Turki.

"Setuju bahwa pertemuan berikutnya dari delegasi Rusia dan Ukraina akan diadakan di Istanbul," kata Direktorat Komunikasi Kepresidenan Turki.

Dalam pernyataan terpisah, negosiator Ukraina, David Arakhamia menuturkan tahap selanjutnya untuk pembicaraan langsung antara Rusia dan Ukraina akan digelar antara 28-30 Maret di Turki.

Turki yang menjalin hubungan dengan Rusia dan Ukraina ini menempatkan diri sebagai penengah konflik. Sebelumnya pada pertengahan Maret ini, Putin telah menelepon Erdogan untuk membeberkan tuntutan Rusia agar perjanjian damai bisa tercapai dengan Ukraina.

Seperti dilansir BBC, Jumat (18/3/2022), percakapan telepon antara Putin dan Erdogan itu dilakukan pada Kamis (17/3) waktu setempat. Setengah jam sebelum percakapan telepon berakhir, penasihat terkemuka dan juru bicara Erdogan, Ibrahim Kalin, mengungkapkan apa saja yang menjadi tuntutan Putin dan Rusia.

Simak Video 'Saat Zelensky Menyatakan Ukraina Siap jadi Negara Netral':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT