Turki: Delegasi Rusia-Ukraina Akan Bertemu di Istanbul Selasa Besok

ADVERTISEMENT

Turki: Delegasi Rusia-Ukraina Akan Bertemu di Istanbul Selasa Besok

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Senin, 28 Mar 2022 04:22 WIB
Turkish Flag on cloudy blue sky.The flag is waving due to heavy wind.On the background white clouds are seen.Up right side of frame is blue sky.No people are seen in frame.
Ilustrasi (Foto: Getty Images/iStockphoto/selimaksan)
Ankara -

Pernyataan Kepresidenan Turki mengatakan pembicaraan antara Rusia dan Ukraina akan berlangsung di Kota Istanbul, Turki. Pembicaraan akan terjadi pada Selasa besok.

Dilansir CNN, Senin (28/3/2022), Direktorat Komunikasi Kepresidenan Turki mengatakan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan Presiden Rusia Vladimir Putin melakukan panggilan telepon pada hari Minggu waktu setempat. Putin disebut menyetujui pertemuan delegasi Rusia dan Ukraina di Istanbul.

"Setuju bahwa pertemuan berikutnya dari delegasi Rusia dan Ukraina akan diadakan di Istanbul," kata Kepresidenan Turki.



Juru bicara kepresidenan Turki Ibrahim Kalin mengatakan kepada CNN pada hari Minggu bahwa pembicaraan akan berlangsung pada hari Selasa.

Namun, negosiator Ukraina David Arakhamia mengatakan sebelumnya bahwa pertemuan itu akan berlangsung Senin. Negosiasi Rusia dan Ukraina sebelumnya hanya menghasilkan sedikit hasil.

Sementara itu, dalam panggilan telepon Erdogan dan Putin membahas situasi terbaru perang Rusia-Ukraina. Keduanya juga membahas mengenai negosiasi.

"(Membahas) situasi terbaru dalam perang Rusia-Ukraina," jelasnya.

Erdogan Sebut Perlunya Gencatan Senjata

Pernyataan Kepresidenan Turki mengatakan bahwa Erdogan menekankan pentingnya gencatan senjata. Turki pun menyatakan siap akan terus berkontribusi agar proses itu segara tercapai.

"Dalam pertemuan itu, Presiden Erdogan menggarisbawahi perlunya membangun gencatan senjata dan perdamaian antara Rusia dan Ukraina sesegera mungkin dan meningkatkan situasi kemanusiaan di kawasan itu dan menyatakan bahwa Turki akan terus berkontribusi dalam segala cara yang mungkin selama proses ini," kata pernyataan itu.

Simak Video 'Biden Ingin Putin Turun dari Kekuasaan, Prancis Was-was':

[Gambas:Video 20detik]



(lir/lir)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT