ADVERTISEMENT

Eks Pilot Boeing 737 MAX Dinyatakan Tak Bersalah Atas Dakwaan Tipu Regulator

Rita Uli Hutapea - detikNews
Kamis, 24 Mar 2022 13:37 WIB
Caucasian woman holding gavel
ilustrasi (Foto: Getty Images/iStockphoto/Tolimir)
Jakarta -

Seorang mantan pilot Boeing yang dituduh menipu regulator penerbangan Amerika Serikat selama proses sertifikasi untuk pesawat jet 737 MAX, dinyatakan tak bersalah dalam sidang putusan yang digelar pada Rabu (23/3) waktu setempat.

Mantan pilot Boeing itu diadili menyusul dua kecelakaan fatal pesawat Boeing 737 MAX yang menewaskan 346 orang.

Dilansir dari kantor berita AFP, Kamis (24/3/2022), Mark Forkner dinyatakan tidak bersalah oleh dewan juri Fort Worth, Texas setelah didakwa pada November 2021 lalu. Dia adalah satu-satunya individu yang menghadapi penuntutan dalam kasus ini sejauh ini.

Dalam pernyataan yang dikirim ke AFP, pengacaranya, David Gerger, memuji "hakim dan juri yang independen, cerdas, dan adil".

Sebelumnya, pihak Boeing telah mengakui tanggung jawab untuk menyesatkan pihak berwenang tentang MAX. Boeing pun setuju pada Januari 2021 untuk membayar lebih dari US$ 2,5 miliar untuk menyelesaikan tuntutan hukum terkait dengan jatuhnya penerbangan Lion Air pada Oktober 2018 dan Ethiopian Airlines pada Maret 2019.

Raksasa penerbangan itu mengatakan dua karyawannya telah menyesatkan Administrasi Penerbangan Federal (FAA).

Menurut dokumen penuntutan, Forkner pada tahun 2016 menemukan perubahan besar yang dibuat pada perangkat lunak kontrol penerbangan MAX yang dikenal sebagai MCAS, yang terlibat dalam kedua kecelakaan tersebut.

Dalam sebuah pesan kepada seorang rekan yang terungkap pada tahun 2019, dia mengindikasikan bahwa perangkat lunak itu membuat pesawat sulit untuk terbang di simulator.

Tetapi jaksa mengatakan dia tidak membagikan semua informasi pada FAA. Bulan lalu, hakim menolak dua dari enam dakwaan awal terhadap pilot.

Tim pembela Forkner mengatakan dia dijadikan kambing hitam dalam penyelidikan.

Lihat juga video 'Maskapai Dunia Ramai-ramai Kandangkan Boeing 737 MAX':

[Gambas:Video 20detik]



(ita/ita)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT