Jepang Deteksi 4 Kapal Perang Rusia, Diduga Bawa Tentara ke Ukraina

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 17 Mar 2022 15:12 WIB
Rusia memperingati Hari Angkatan Laut dengan menggelar parade kapal perang, Minggu (26/7) waktu setempat. Parade kapal perang disaksikan langsung oleh Presiden Vladimir Putin.
Ilustrasi -- Kapal perang Rusia (dok. AP Photo)
Tokyo -

Militer Jepang mendeteksi empat kapal perang Rusia jenis transpor amfibi yang berukuran besar tengah berlayar di dekat kepulauan Jepang. Dilaporkan militer Jepang bahwa kapal-kapal perang Rusia itu berlayar ke arah Barat, yang diduga menuju kawasan Eropa.

Seperti dilansir Reuters, Kamis (17/3/2022), gambar kapal-kapal transpor amfibi Rusia yang dipublikasikan oleh Kementerian Pertahanan Jepang itu menunjukkan apa yang tampak seperti truk-truk militer diangkut di bagian dek salah satu kapal.

Kapal transpor amfibi Rusia yang terdeteksi oleh Jepang itu biasanya digunakan untuk mendaratkan pasukan ekspedisi darat.

"Kami tidak tahu mereka menuju ke mana, tapi arah mereka menunjukkan kemungkinan itu," ucap juru bicara Kementerian Pertahanan Jepang.

Saat ditanya apakah kapal-kapal perang Rusia itu menuju ke Ukraina, juru bicara itu menjawab: "Itu mungkin."

Patroli maritim Angkatan Bersenjata Jepang pertama mendeteksi kapal-kapal perang Rusia pada Selasa (15/3) waktu setempat. Disebutkan bahwa kapal-kapal Rusia itu bisa membawa belasan tank atau kendaraan militer lainnya bersama ratusan tentara.

Jepang terus memantau pergerakan kapal-kapal Rusia itu, yang terdeteksi berlayar ke arah Barat dari Samudra Pasifik menuju Laut Jepang melewati Selat Tsuruga yang sempit -- yang memisahkan Pulau Honshu dengan Pulau Hokkaido -- pada Rabu (16/3) waktu setempat.

Simak juga video 'Putin Sebut Barat Gunakan Pogrom Hancurkan Rusia':

[Gambas:Video 20detik]