Gempa Jepang M 7,3, Berikut 7 Fakta yang Diketahui Sejauh Ini

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 17 Mar 2022 11:37 WIB
Seismograph with paper in action and earthquake - 3D Rendering
Gempa Jepang M 7,3, Berikut 7 Fakta yang Diketahui Sejauh Ini - ilustrasi (Foto: Getty Images/iStockphoto/Petrovich9)
Jakarta -

Gempa Jepang berkekuatan magnitudo 7,3 terjadi pada Rabu (16/3) pukul 11.36 malam waktu setempat. Gempa diketahui berpusat di wilayah Fukushima.

Peringatan tsunami sempat dikeluarkan Badan Meteorologi Jepang. Sejumlah kerusakan hingga korban jiwa pun dilaporkan.

Berikut sederet fakta sejauh ini terkait Gempa Jepang berkekuatan M 7,3.

Gempa Jepang Berpusat di Fukushima-Muncul Peringatan Tsunami

Dilansir kantor berita AFP, gempa Jepang berpusat di lepas pantai wilayah Fukushima. Gempa terjadi pada kedalaman 60 meter dan terasa hingga TOkyo.

Badan Meteorologi Jepang sempat mengeluarkan peringatan tsunami di beberapa wilayah khususnya pantai timur laut Jepang imbas gempa besar tersebut.

PM Jepang Keluarkan 3 Instruksi

Usai gempa Jepang mengguncang wilayah Fukushima dan Miyagi, Perdana Menteri Fumio Kishida mengeluarkan 3 instruksi. Instruksi itu disampaikan melalui akun Twitter resmi Kantor Perdana Menteri.

"Instruksi dari Perdana Menteri Mengenai Gempa yang Berpusat di Prefektur Miyagi dan Fukushima," tulis akun @JPN_PMO, Rabu (16/3/2022).

Fumio meminta agar segera dilakukan penilaian terhadap kerusakan imbas gempa tersebut. Selain itu dia juga meminta agar segera prioritaskan langkah-langkah penyelamatan kepada para korban

"Menilai keadaan kerusakan sesegera mungkin. Bertindak dalam koordinasi yang erat dengan pemerintah daerah dan, di bawah prinsip memprioritaskan kehidupan manusia di atas segalanya, tidak menyia-nyiakan upaya dalam tanggap darurat bencana kita, termasuk menyelamatkan nyawa dan menyelamatkan korban bencana, dengan Pemerintah bekerja sebagai satu kesatuan," ucapnya.

Selain itu, dia juga meminta agar informasi yang diberikan kepada masyarakat harus tepat dan akurat berkaitan dengan evakuasi, kerusakan hingga hal kritis lainnya.

"Memberikan informasi yang tepat waktu dan akurat kepada masyarakat mengenai evakuasi, kerusakan, dan hal-hal kritis lainnya," tuturnya.

Terdeteksi Gelombang 20-30 Cm Usai Gempa Jepang

Dilansir NHK Jepang, usai gempa Jepang, gelombang setinggi 20 hingga 30 centimeter sempat dilaporkan. Gelombang itu terjadi di Pelabuhan Ishinomaki di Prefektur Miyagi.

Badan Meteorologi Jepang udah mengeluarkan peringatan kepada orang-orang di wilayah tersebut untuk menjauh dari pantai. Selain itu kota-kota di sepanjang pantai Pasifik di Prefektur Miyagi juga telah mengeluarkan perintah evakuasi kepada penduduk dan mendirikan tempat penampungan.

"Panggilan telah membanjiri polisi dan ambulans di Fukushima dan Miyagi," kata juru bicara pemerintah Hirokazu Matsuno kepada wartawan. "Kami melakukan yang terbaik untuk menilai tingkat kerusakan."

"Gempa susulan besar sering terjadi beberapa hari setelah gempa pertama, jadi harap menjauh dari bangunan yang runtuh, dan tempat berisiko tinggi lainnya," lanjutnya.

Kabar soal gempa Jepang juga dapat disimak di halaman berikutnya.

Saksikan Video 'Tokyo Gelap Gulita Usai Gempa M 7,3 Guncang Fukushima':

[Gambas:Video 20detik]