Uji Coba Gagal, Rudal Korea Utara Meledak di Udara

Novi Christiastuti - detikNews
Rabu, 16 Mar 2022 15:03 WIB
This photo provided by the North Korean government shows what it says a test launch of a hypersonic missile on Jan. 11, 2022 in North Korea. Independent journalists were not given access to cover the event depicted in this image distributed by the North Korean government. The content of this image is as provided and cannot be independently verified. Korean language watermark on image as provided by source reads:
Ilustrasi -- Peluncuran rudal Korut (dok. KCNA via AP)
Pyongyang -

Rudal balistik Korea Utara (Korut) dilaporkan meledak di tengah udara usai diluncurkan pada Rabu (16/3) waktu setempat. Pakar memperkirakan rudal Korut yang gagal diuji coba itu sebagai Hwasong-17 atau dijuluki sebagai 'rudal monster'.

Seperti dilansir AFP, Rabu (16/3/2022), belum ada respons resmi dari otoritas Korut terkait peluncuran rudal yang dilaporkan gagal oleh Korea Selatan (Korsel) itu.

"Tampaknya meledak di tengah udara sesaat usai peluncuran," sebut Kepala Staf Gabungan Korsel dalam pernyataan kepada AFP merujuk rudal Korut.

Disebutkan bahwa rudal Korut itu diluncurkan dari wilayah Sunan, Pyongyang, pada Rabu (16/3) pagi, sekitar pukul 09.30 waktu setempat. Lokasi itu merupakan lokasi yang sama saat Korut melakukan uji coba 'satelit' pada 27 Februari dan 5 Maret lalu.

Secara terpisah, para spesialis pada situs NK News yang memantau situasi Korut menyebut peluncuran rudal pada Rabu (16/3) waktu setempat berakhir dalam 'kegagalan parah'. Spesialis NK News melaporkan bahwa bola asap berwarna merah melaju zig-zag di langit dengan puing berjatuhan di dekat Pyongyang.

Peluncuran rudal pada Rabu (16/3) waktu setempat itu merupakan uji coba senjata ke-10 yang digelar Korut sepanjang tahun ini. Meskipun dijatuhi sanksi internasional, Korut tetap menggelar tujuh uji coba rudal pada Januari dan dua kali meluncurkan komponen yang disebutnya 'satelit pengintai'.

Peluncuran terbaru Korut pada pekan ini dilakukan setelah AS mencurigai Korut bersiap menembakkan rudal ICBM 'pada jangkauan penuh' untuk pertama kali sejak tahun 2017.

Simak juga video '11 Negara Kutuk Peluncuran Rudal Balistik Korea Utara':

[Gambas:Video 20detik]