ADVERTISEMENT

Joe Biden Bakal ke Eropa di Tengah Perang Rusia Vs Ukraina

Haris Fadhil - detikNews
Rabu, 16 Mar 2022 06:47 WIB
President Joe Biden delivers his first State of the Union address to a joint session of Congress at the Capitol, Tuesday, March 1, 2022, in Washington, as House speaker Nancy Pelosi of Calif., looks at a copy of Bidens speech at left.
Joe Biden (Foto: AP Photo)
Washington DC -

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden akan melakukan perjalanan ke Eropa untuk menghadiri KTT luar biasa NATO terkait Ukraina minggu depan. Biden bakal ke Eropa di tengah perang Rusia vs Ukraina yang telah menyebabkan sekitar 3 juta orang mengungsi.

Dilansir dari Reuters, Rabu (16/3/2022), pasukan Rusia terus menyerang dan berupaya merebut ibu kota Ukraina, Kiev. Pemerintah Kiev mengatakan setempat mengatakan pemboman pada hari Selasa telah menewaskan sedikitnya lima orang.

Pemerintah setempat menyebut bangunan-bangunan terbakar dan orang-orang terkubur di bawah reruntuhan di ibu kota. Sekitar 2.000 mobil meninggalkan kota pelabuhan selatan Mariupol yang dianggap sebagai lokasi krisis kemanusiaan.

PBB sendiri mencatat lebih dari 3 juta orang telah meninggalkan Ukraina dengan lebih dari 1,8 juta tiba di Polandia. Perdana menteri Polandia, Slovenia dan Republik Ceko berada di Kiev pada hari Selasa untuk menunjukkan solidaritas.

Para pemimpin NATO akan bertemu di markas aliansi militer di Brussel pada 24 Maret untuk membahas krisis yang telah memicu kekhawatiran konflik yang lebih luas di Barat yang tidak terpikirkan selama beberapa dekade.

"Kami akan membahas invasi Rusia ke Ukraina, dukungan kuat kami untuk Ukraina, dan lebih lanjut memperkuat pencegahan dan pertahanan NATO," tulis Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg di Twitter.

Biden akan hadir, kata juru bicara Gedung Putih Jen Psaki kepada wartawan.

"Tujuannya adalah untuk bertemu secara langsung dan berbicara tentang dan menilai di mana kita berada pada titik konflik ini," katanya.

Psaki enggan berkomentar soal kemungkinan Biden akan berkunjung ke Polandia, melakukan sesuatu yang terkait dengan pengungsi Ukraina atau bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. Dia mengatakan rincian perjalanan masih dalam pembahasan.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

Saksikan Video 'AS Siap Bantu Senjata ke Ukraina, Tapi Enggan Turun Perang':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT