Kameramen Media Ukraina Tewas Kena Tembakan di Luar Wilayah Kyiv

Eva Safitri - detikNews
Rabu, 16 Mar 2022 04:38 WIB
Kerusakan terlihat di sejumlah wilayah Ukraina usai Rusia menyerang negara itu sejak 24 Februari lalu. Di Okhtyrka, sebuah pembangkit listrik termal rusak berat
Foto: Iryna Rybakova/Press service of the Ukrainian Ground Forces/Handout via REUTERS.
Jakarta -

Seorang juru kamera Irlandia untuk Fox News dan seorang Ukraina yang bekerja sebagai produser untuk jaringan televisi AS telah tewas di Ukraina di luar Kyiv. Kata Fox News dan media Ukraina mengatakan Selasa.

Dilansir dari AFP, Rabu (!6/3/2022), Juru kamera Fox News Pierre Zakrzewski tewas dan koresponden Benjamin Hall terluka ketika kendaraan mereka dihantam oleh tembakan yang masuk pada Senin di Horenka, di luar ibu kota, kata CEO Fox News Media Suzanne Scott.

Hall, seorang warga Inggris yang bekerja sebagai koresponden Departemen Luar Negeri jaringan itu, tetap dirawat di rumah sakit di Ukraina, kata Scott dalam sebuah pernyataan.

Produser tim Fox dari Ukraina, Oleksandra Kuvshynova, tewas dalam insiden yang sama, menurut outlet media lokal Kyiv Independent.

Perdana Menteri Irlandia Michael Martin mengatakan dia "sangat terganggu dan sedih" dengan kematian Zakrzewski, yang berkebangsaan Irlandia, dan rekannya.

"Pikiran saya bersama keluarga, teman, dan sesama jurnalis mereka," kata Martin di Twitter. "Kami mengutuk perang tanpa pandang bulu dan tidak bermoral ini oleh Rusia di Ukraina."

Scott Griffen, wakil direktur Institut Pers Internasional, mengatakan kedua jurnalis itu "dengan berani mempertaruhkan hidup mereka untuk memastikan dunia memahami kengerian sebenarnya dari apa yang terjadi di Ukraina."

"Kami memperbarui seruan kami pada pasukan militer untuk melakukan segala daya mereka untuk memastikan keselamatan jurnalis, yang pekerjaannya penting untuk mendokumentasikan perang ini," katanya.

Zakrzewski, yang berbasis di London, telah bekerja di Ukraina sejak Februari.

"Pierre adalah seorang fotografer zona perang yang meliput hampir setiap cerita internasional untuk Fox News dari Irak hingga Afghanistan hingga Suriah selama masa jabatannya yang panjang bersama kami," kata Scott. "Semangat dan bakatnya sebagai jurnalis tidak tertandingi."

Fox News mengatakan Zakrzewski telah memainkan "peran kunci" dalam mengeluarkan rekan-rekan freelance jaringan Afghanistan dan keluarga mereka dari negara itu setelah penarikan AS.

Dikatakan dia diberi penghargaan "Pahlawan Tanpa Tanda Jasa" di Penghargaan Spotlight karyawan tahunan perusahaan pada bulan Desember.

Simak Video 'Aksi Protes Perang Rusia Menyela Siaran Langsung Televisi':

[Gambas:Video 20detik]



(eva/eva)