ADVERTISEMENT

Ada Aktivitas Pembangunan di Lokasi Uji Nuklir Korut, Pertama Sejak 2018

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 08 Mar 2022 16:06 WIB
A North Korean flag flutters on top of a tower at the propaganda village of Gijungdong in North Korea, in this picture taken near the truce village of Panmunjom, South Korea July 19, 2017. REUTERS/Kim Hong-Ji
Ilustrasi -- Situasi di Korea Utara (dok. REUTERS/Kim Hong-Ji)
Pyongyang -

Sejumlah citra satelit terbaru menunjukkan aktivitas pembangunan di lokasi uji coba nuklir Korea Utara (Korut). Ini merupakan pertama kalinya sejak tahun 2018, saat lokasi itu ditutup, terdeteksi aktivitas pembangunan di sana.

Seperti dilansir Reuters, Selasa (8/3/2022), para spesialis pada Pusat James Martin untuk Studi Nonproliferasi (CNS), yang berkantor di California, Amerika Serikat (AS), dalam laporannya menyebut satelit komersial pada Jumat (4/3) menangkap tanda-tanda sangat awal untuk aktivitas di lokasi uji coba nuklir Punggye-ri, Korut.

Dilaporkan bahwa aktivitas itu mencakup pembangunan sebuah gedung baru, perbaikan terhadap gedung lainnya dan apa yang diduga sebagai potongan kayu dan serbuk gergaji di lokasi.

"Pekerjaan konstruksi dan perbaikan mengindikasikan Korea Utara telah mengambil sejumlah keputusan soal status lokasi uji coba itu," demikian laporan para spesialis CNS tersebut.

Para analis CNS juga menyatakan bahwa perubahan di Punggye-ri terjadi hanya dalam beberapa hari terakhir, dan masih sulit untuk menyimpulkan apa yang sebenarnya sedang dibangun dan apa tujuannya.

"Satu kemungkinan adalah bahwa Korea Utara berencana mengembalikan lokasi uji coba pada kondisi siap untuk melanjutkan uji coba bahan peledak nuklir," imbuh laporan tersebut.

Namun diingatkan para analis CNS bahwa lokasi uji coba itu masih membutuhkan waktu berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun, untuk bisa siap menggelar uji coba ledakan nuklir terbaru.

"Berapa lama waktu yang dibutuhkan Korea Utara untuk melanjutkan uji coba ledakan di lokasi itu tergantung pada tingkat kerusakan terowongan itu sendiri, sesuatu yang tidak kita ketahui dengan pasti. Ada juga kemungkinan bahwa Korea Utara akan melanjutkan uji coba nuklir di lokasi lainnya," sebut laporan itu.

Lihat juga video 'Korut Luncurkan Rudal Balistik dari Kereta Api, Ini Wujudnya':

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT