ADVERTISEMENT

Malaysia Kembali Dilanda Banjir, Ratusan Orang Mengungsi

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 08 Mar 2022 11:24 WIB
hujan rintik-rintik di payung
Ilustrasi (dok. Thinkstock)
Kuala Lumpur -

Malaysia kembali dilanda banjir yang disebabkan oleh hujan deras yang mengguyur tiada henti. Banjir bandang dilaporkan menerjang kawasan Klang Valley, yang mencakup ibu kota Kuala Lumpur dan area-area sekitarnya di negara bagian Selangor.

Banjir kembali menerjang sekitar tiga bulan setelah banjir mematikan merenggut puluhan nyawa di berbagai wilayah Malaysia.

"Banjir terjadi karena curah hujan yang luar biasa deras dalam waktu dua jam, dan sistem drainase yang ada tidak mampu menampung debit air yang tinggi," tutur Menteri Lingkungan dan Perairan Malaysia Tuan Ibrahim Man dalam pernyataannya, seperti dilansir Straits Times, Selasa (8/3/2022).

Ibrahim menyebut bahwa curah hujan antara 106,5 mm hingga 155 mm tercatat selama dua jam di dua pusat penghitungan yang ada di Kuala Lumpur. Lebih dari 100 rumah di area Kampung Periuk dan Kampung Pasir Baru yang ada di wilayah Kuala Lumpur terdampak banjir.

Ibrahim juga mengatakan bahwa perubahan iklim juga menjadi faktor pemicu banjir ini, karena Malaysia biasanya dilanda kemarau pada bulan Maret.

Sejumlah rekaman yang diunggah ke media sosial menunjukkan kendaraan-kendaraan terendam banjir dan ketinggian air terus naik di beberapa area, termasuk pusat kota Kuala Lumpur. Departemen Pemadam Kebakaran dan Penyelamat menyebutkan sedikitnya 12 mobil terendam dan sejumlah orang telah diselamatkan.

"Banjir menyebabkan air naik setinggi 2 meter dan sekitar 12 mobil terjebak, dengan beberapa korban terpaksa menyelamatkan diri ke atas mobil mereka. Semua korban yang terdampak telah diselamatkan dan dibawa ke lokasi aman," sebut Departemen Pemadam Kebakaran dan Penyelamat dalam pernyataannya.

Simak juga 'Jalur Lingkar Trans Sulawesi di Parepare Lumpuh Akibat Banjir':

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT