ADVERTISEMENT

Uni Eropa Beri Sanksi Baru ke Belarusia karena Bantu Rusia Invasi Ukraina

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Rabu, 02 Mar 2022 18:26 WIB
Invasi militer Rusia ke Ukraina telah memasuki hari keenam. Selain menimbulkan korban jiwa, invasi itu juga merusak kendaraan seperti mobil.
Ilustrasi/Situasi di Ukraina (Foto: AP Photo)
Brussels -

Para diplomat Uni Eropa (UE) telah menyetujui sanksi baru kepada Belarusia atas perannya mendukung invasi militer Rusia ke Ukraina. Sanksi itu berupa sanksi ekonomi hingga penghentian ekspor barang Belarusia ke Uni Eropa.

Dilansir Reuters, Rabu (2/3/2022), Kepresidenan Prancis di Uni Eropa dalam pernyataannya menyebut sanksi akan mencakup sejumlah sektor ekonomi. Pernyataan itu diunggah kepresidenan melalui akun Twitter.

"(Sanksi pada) beberapa sektor ekonomi, dan khususnya kayu, baja dan kalium," demikian pernyataan Kepresidenan Prancis di Uni Eropa.

Seorang pejabat UE mengatakan bahwa salah satu tujuan dari sanksi baru terhadap Belarusia adalah untuk menghentikan ekspor lebih lanjut barang-barang Belarusia ke UE. Belarusia sebelumnya sudah dikenakan sanksi UE setelah Presiden Alexander Lukashenko menindak tegas unjuk rasa usai pemilu Agustus 2020.

"Langkah-langkah ini akan dipublikasikan dalam Jurnal Resmi Uni Eropa untuk mulai diberlakukan," imbuh pernyataan tersebut, tanpa menyebut secara jelas waktu pasti publikasi dirilis.

Sejumlah sanksi baru ini diharapkan bisa menutup celah dari tindakan pembatasan yang telah diberlakukan terhadap Belarusia.

UE diketahui sudah melarang ekspor kalium, pupuk yang terbuat dari kalium, dan produk minyak dari Belarusia. Akan tetapi para diplomat mengatakan Belarusia masih mengekspor kalium ke UE melalui Ukraina.

Belarusia juga diketahui meningkatkan ekspornya ke UE terkait produk minyak yang didapatkan dari batubara.

Simak Video: Jerman Tegaskan NATO Tak Akan Serang Rusia!

[Gambas:Video 20detik]




(lir/nvc)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT