ADVERTISEMENT

Australia Kirim Rudal ke Ukraina untuk Bantu Lawan Rusia

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 01 Mar 2022 11:32 WIB
Canberra -

Pemerintah Australia memutuskan untuk mengirimkan bantuan senjata, termasuk rudal, ke Ukraina yang tengah diinvasi Rusia. Pengiriman rudal ini merupakan bagian dari paket bantuan Australia senilai US$ 50 juta (Rp 717 miliar) untuk Ukraina.

Seperti dilansir CNN dan BBC, Selasa (1/3/2022), pengiriman bantuan senjata ini diumumkan oleh Perdana Menteri (PM) Scott Morrison dalam konferensi pers terbaru. Disebutkan Morrison bahwa rudal-rudal antibaja terbukti sangat efektif bagi militer Ukraina dalam menghadapi pasukan Rusia.

"Kami menjawab seruan Presiden (Volodymyr) Zelensky: dia mengatakan kami membutuhkan amunisi, bukan tumpangan, dan itulah yang kita lakukan... Kita akan menyediakan US$ 50 juta untuk mendukung Ukraina, dukungan mematikan dan tidak mematikan," sebutnya.

"Kita bicara soal rudal, kita bicara soal amunisi, kita bicara soal mendukung mereka dalam mempertahankan Tanah Air mereka sendiri di Ukraina," ujar Morrison.

Dia enggan untuk memberikan penjelasan lebih lanjut soal bantuan senjata itu, dengan alasan tidak ingin 'memberi petunjuk pada Rusia'.

Ditambahkan Morrison bahwa bantuan senilai US$ 25 juta akan disalurkan untuk dukungan kemanusiaan dan membantu organisasi-organisasi internasional dalam memenuhi kebutuhan orang-orang yang mengungsi dari konflik di Ukraina.

Bantuan senjata dan kemanusiaan ini diumumkan Morrison setelah rentetan langkah diambil pemerintah Australia untuk menghukum Rusia atas invasinya ke Ukraina, termasuk penjatuhan sanksi-sanksi terhadap individu-individu di Rusia.

(nvc/ita)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT