ADVERTISEMENT

Di Tengah Perang, Presiden Ukraina Ajukan Permohonan Gabung Uni Eropa

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 01 Mar 2022 10:26 WIB
Presiden Ukraina Volodymyr Zelenksy usai menandatangani dokumen pengajuan keanggotaan Uni Eropa bagi Ukraina
Presiden Ukraina Volodymyr Zelenksy usai menandatangani dokumen pengajuan keanggotaan Uni Eropa bagi Ukraina (Facebook)
Kiev -

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky telah secara resmi menandatangani dokumen pengajuan keanggotaan Uni Eropa untuk negaranya. Hal itu dilakukan setelah Zelensky meminta Uni Eropa untuk 'secara mendesak' menerima Ukraina bergabung dengan blok negara-negara Eropa tersebut.

Seperti dilansir NPR dan Reuters, Selasa (1/3/2022), akun Facebook resmi Zelensky menampilkan foto-foto saat Presiden Ukraina itu menandatangani dokumen pengajuan keanggotaan Uni Eropa dengan didampingi Perdana Menteri Ukraina dan ketua parlemen Ukraina.

"(Zelensky) Baru saja menandatangani dokumen bersejarah -- aplikasi Ukraina untuk keanggotaan Uni Eropa," sebut wakil kepala kantor kepresidenan Ukraina, Andrii Sybiha, dalam pernyataan via Twitter.

Langkah itu diumumkan beberapa jam setelah Zelenksy dalam pesan videonya menyerukan Uni Eropa untuk mengizinkan Ukraina bergabung segera di bawah prosedur khusus, saat mempertahankan diri dari invasi militer Rusia. Tidak dijelaskan lebih lanjut soal prosedur khusus yang dimaksud.

"Kami memohon kepada Uni Eropa untuk secara mendesak menerima Ukraina dengan menggunakan prosedur baru," ucap Zelensky dalam pesan videonya seperti dilansir CNN.

"Kami berterima kasih kepada para mitra karena mendukung kami. Tapi tujuan kami adalah bersama semua orang Eropa dan, untuk menjadi setara dengan mereka. Saya yakin kami pantas mendapatkannya. Saya yakin itu mungkin," ujarnya.

Ukraina, seperti dilansir Politico, saat ini tidak diakui sebagai kandidat resmi untuk keanggotaan Uni Eropa, meskipun telah menjadi bagian dari perjanjian asosiasi dengan Uni Eropa -- di mana kedua pihak sepakat menyelaraskan perekonomian di bidang tertentu dan memperdalam hubungan politik -- sejak tahun 2017.

Simak Video 'Hari Kelima Invasi, Rusia-Ukraina Akhirnya Negosiasi':

[Gambas:Video 20detik]



(nvc/ita)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT