ADVERTISEMENT

Berunding dengan Rusia di Perbatasan Belarusia, Ini Tuntutan Ukraina

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 28 Feb 2022 16:51 WIB
Lokasi perundingan damai Rusia-Ukraina (Belarus Foreign Ministry via BBC)
Lokasi perundingan damai Rusia-Ukraina (Belarus Foreign Ministry via BBC)
Kiev -

Delegasi Ukraina telah tiba di lokasi perundingan dengan Rusia yang digelar di perbatasan Belarusia. Ukraina menyebut tuntutan utama dalam perundingan ini adalah gencatan senjata dan penarikan tentara Rusia.

"Delegasi Ukraina tiba di perbatasan Ukraina-Belarusia untuk terlibat dalam pembicaraan dengan perwakilan Federasi Rusia," demikian pernyataan kantor kepresidenan Ukraina, seperti dilansir AFP, Senin (28/2/2022).

"Isu utama dari pembicaraan itu adalah gencatan senjata segera dan penarikan tentara dari Ukraina," jelas pernyataan tersebut.

Kantor kepresidenan Ukraina dalam pernyataannya, seperti dikutip CNN, juga menyebut delegasi yang mewakili Ukraina dalam perundingan itu terdiri atas Menteri Pertahanan Oleksiy Reznikov, penasihat Kepala Kantor Krepresidenan Ukraina Mykhailo Podoliak, dan Wakil Menteri Luar Negeri Mykola Tochytskyi.

Presiden Volodymyr Zelenksy tidak termasuk dalam delegasi tersebut.

Sebelumnya dilaporkan bahwa delegasi Rusia dipimpin oleh penasihat kepresidenan Rusia, Vladimir Medinsky, dalam perundingan ini. Kepada wartawan, Medinsky menuturkan keinginan Rusia untuk mencapai kesepakatan damai dengan Ukraina.

"Kami jelas memiliki kepentingan untuk mencapai sejumlah kesepakatan sesegera mungkin," tutur Medinsky yang merupakan penasihat Presiden Vladimir Putin.

Pertemuan delegasi Ukraina dan Rusia di perbatasan Belarusia ini merupakan yang pertama antara kedua negara yang berperang sejak invasi dimulai pekan lalu.

Pertemuan pada Senin (28/2) ini direncanakan usai rentetan pernyataan Kremlin, yang awalnya mengklaim Ukraina menolak tawaran Rusia untuk berdialog di Belarusia, dan menawarkan balik untuk bertemu di Warsawa, Polandia, sebelum memutuskan kontak. Kantor Zelensky membantah tuduhan bahwa Ukraina menolak berunding.

Simak juga video 'Ukraina Menolak Bertemu dengan Rusia di Belarusia untuk Perdamaian':

[Gambas:Video 20detik]



(nvc/hri)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT