ADVERTISEMENT

Perundingan Rusia-Ukraina Segera Dimulai, Belarusia Sebut Lokasi Sudah Siap

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 28 Feb 2022 14:34 WIB
Lokasi perundingan damai Rusia-Ukraina (Belarus Foreign Ministry via BBC)
Belarusia menyatakan tempat perundingan damai Rusia-Ukraina telah dipersiapkan (Belarus Foreign Ministry via BBC)
Minsk -

Perundingan damai antara Rusia dan Ukraina akan segera dimulai pada Senin (28/2) waktu setempat. Belarusia sebagai tuan rumah menyatakan lokasi untuk perundingan telah siap dan tinggal menunggu kedatangan delegasi kedua negara.

Seperti dilansir BBC, Senin (28/2/2022), Ukraina telah sepakat untuk mengirimkan diplomatnya ke sebuah lokasi dekat perbatasan antara wilayahnya dengan Belarusia, sekutu Moskow yang mengizinkan pasukan Rusia menggunakan wilayahnya untuk menginvasi Ukraina.

Laporan terbaru menyebut diktator Belarusia, Presiden Alexander Lukashenko, bersiap mengirimkan pasukan ke Ukraina untuk bergabung invasi Rusia.

Perundingan kedua negara akan digelar pada Senin (28/2) waktu setempat, dengan juru bicara Kementerian Luar Belarusia Anatoly Glaz menyatakan: "Pembicaraan akan dimulai segera setelah semua delegasi tiba di lokasi pertemuan."

"Tempat untuk pembicaraan antara Rusia dan Ukraina di Belarusia telah dipersiapkan, kedatangan delegasi diharapkan," imbuh pernyataan Kementerian Luar Negeri Belarusia via media sosial, sembari melampirkan foto meja panjang dengan bendera Rusia dan Ukraina.

Sebelumnya Presiden Volodymyr Zelenksy sebelumnya menyebut perundingan dengan Rusia akan digelar di perbatasan Belarusia, dekat Sungai Pripyat. Ini akan menjadi perundingan pertama antara kedua negara yang berperang sejak invasi dimulai pekan lalu.

Dalam pernyataannya, Zelenksy mengakui dirinya tidak mengharapkan pembicaraan ini akan memberikan hasil signifikan. "Seperti biasa: Saya tidak terlalu percaya dengan hasil pertemuan ini, tapi biarlah mereka mencoba," ucapnya.

Simak video 'Ukraina Menolak Bertemu dengan Rusia di Belarusia untuk Perdamaian':

[Gambas:Video 20detik]



(nvc/hri)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT