ADVERTISEMENT

Bergabung Rusia, Belarusia Bersiap Kirim Pasukan Menginvasi Ukraina

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 28 Feb 2022 12:25 WIB
Fighter jets of the Russian and Belarusian air forces fly in a joint mission during the Union Courage-2022 Russia-Belarus military drills in Belarus, Thursday, Feb. 17, 2022. Russia has deployed troops to its ally Belarus for sweeping joint military drills that run through Sunday, fueling Western concerns that Moscow could use the exercise to attack Ukraine from the north. (AP Photo/Alexander Zemlianichenko Jr)
Ilustrasi -- Jet-jet tempur Rusia dan Belarusia mengudara dalam latihan militer gabungan sebelum invasi ke Ukraina dilancarkan (AP Photo/Alexander Zemlianichenko Jr)
Kiev -

Belarusia, yang mendukung invasi militer Rusia, dilaporkan juga akan ikut mengerahkan pasukannya ke Ukraina. Pesan yang beredar di kalangan diplomatik menyebut pasukan udara Belarusia bersiap untuk menginvasi Ukraina segera.

Seperti dilansir media lokal Ukraina, The Kyiv Independent, Senin (28/2/2022), informasi yang didasarkan dari sejumlah jurnalis oposisi Belarusia itu menyebutkan bahwa pasukan khusus Belarusia telah menaiki pesawat militer pada Minggu (27/2) waktu setempat, bersiap untuk pengerahan di atau dekat Kiev dan Zhytomyr.

Informasi ini, sebut The Kyiv Independent, belum bisa diverifikasi, mengingat kebanyakan jurnalis oposisi telah melarikan diri dari Belarus karena khawatir ditindas rezim diktator Presiden Alexander Lukashenko.

Saluran Telegram yang mengumpulkan laporan saksi mata soal posisi militer Rusia dan Belarusia mencatat adanya pergerakan dari pesawat transpor militer kedua negara yang lepas landas dari pangkalan udara di bagian barat Belarusia.

Saat ini, Belarusia secara de-facto melancarkan perang terhadap Ukraina dengan membiarkan pasukan Rusia menggunakan wilayahnya untuk menginvasi Ukraina, dan memberikan akses ke rumah sakit maupun intelijen. Menurut laporan tersebut, Belarusia tengah mempersiapkan invasi penuh ke Ukraina menyusul Rusia.

Secara terpisah, seperti dilansir The Times of Israel dan BBC, seorang pejabat Amerika Serikat (AS) mengungkapkan hal senada kepada media terkemuka The Washington Post. Pejabat AS yang enggan disebut namanya itu menyatakan Belarusia tengah bersiap untuk bergabung dalam invasi Rusia ke Ukraina.

Langkah Belarusia itu diperkirakan paling cepat bisa berlangsung pada Senin (28/2) waktu setempat.

"Sangat jelas bahwa Minsk (ibu kota Belarusia) sekarang merupakan perpanjangan dari Kremlin," sebut pejabat AS tersebut.

Simak video 'Ukraina Menolak Bertemu dengan Rusia di Belarusia untuk Perdamaian':

[Gambas:Video 20detik]



(nvc/hri)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT