Kiriman Organ Manusia bagi Desainer Indonesia Bikin Polri Turun Tangan

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 24 Feb 2022 21:12 WIB
Jakarta -

Desainer Indonesia terseret dugaan perdagangan organ tubuh manusia terkait sebuah paket yang ditemukan di salah satu kampus di Brasil. Pihak kepolisian pun turun tangan terkait penemuan ini.

Paket yang ditemukan di salah satu kampus di Brasil diketahui berisi organ manusia. Organ manusia itu rencananya bakal dikirim untuk desainer asal Indonesia.

Dilansir dari gov.br, Kamis (24/2/2022) kepolisian tengah mengusut fakta terkait dugaan praktik perdagangan organ tubuh manusia.

Paket tersebut berisi tangan manusia dan 3 organ lainnya. Penerimanya yakni desainer ternama asal Indonesia yang menjual aksesoris dan pakaian dari bahan asal manusia.

Polisi juga telah menggeledah 2 tempat. Pertama yakni, kediaman seseorang yang disebut 'pegawai negeri', dan Laboratorium Anatomi Universitas Negeri.

Tersangka mengirim organ manusia yang sudah diplastinasi ke Singapura. Untuk diketahui plastinasi merupakan prosedur modern untuk mengawetkan sesuatu.

Proses itu dilakukan dengan mengekstraksi cairan tubuh (air dan larutan pengikat) dan lipid melalui metode kimia lalu menggantinya dengan resin plastik seperti silikon, poliester dan epoksi hingga menghasilkan kain yang kering, tidak berbau dan tahan lama.