Heboh Paket Organ Manusia untuk Desainer Indonesia, Polri Turun Tangan

ADVERTISEMENT

Heboh Paket Organ Manusia untuk Desainer Indonesia, Polri Turun Tangan

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Kamis, 24 Feb 2022 09:11 WIB
Sekretaris NCB Interpol Indonesia Hubinter Polri Brigjen Amur Chandra Juli Buana (Adhyasta-detikcom)
Sekretaris NCB Interpol Indonesia Hubinter Polri Brigjen Amur Chandra Juli Buana (Adhyasta/detikcom)
Jakarta -

Sebuah paket berisi organ manusia yang rencananya bakal dikirimkan ke Singapura untuk desainer asal Indonesia ditemukan di salah satu kampus di Brasil. Polri melalui Interpol bakal berkoordinasi dengan polisi di Brasil untuk menindaklanjuti temuan tersebut.

"Sejauh ini pihak kepolisian Brasil maupun Interpol Brasil belum memberikan informasi kepada Interpol Jakarta. Sebagai langkah kecepatan Interpol Jakarta akan meminta konfirmasi kepada Interpol Brasil terkait informasi tersebut," ujar Sekretaris NCB Interpol Divisi Hubungan Internasional Polri Brigjen Amur Chandra saat dimintai konfirmasi, Kamis (24/2/2022).

Amur mengatakan Polri baru akan berkomunikasi dengan polisi di Brasil hari ini. Dia belum memberi keterangan lebih lanjut.

"Rencana hari ini akan dikomunikasikan dulu dengan Interpol Brasil," imbuhnya.

Sebelumnya, sebuah paket berisi organ manusia di salah satu kampus di Brasil menggegerkan publik. Organ manusia itu rencananya bakal dikirim untuk desainer asal Indonesia.

Dilansir dari gov.br, kepolisian tengah mengusut fakta terkait dugaan praktik perdagangan organ tubuh manusia. Polisi juga telah menggeledah 2 tempat.

Pertama, kediaman seseorang yang disebut 'pegawai negeri', serta Laboratorium Anatomi Universitas Negeri.

Tersangka mengirim organ manusia yang sudah diplastinasi ke Singapura. Plastinasi merupakan prosedur modern untuk mengawetkan sesuatu.

Paket tersebut berisi tangan manusia dan 3 organ lainnya. Penerimanya adalah desainer ternama asal Indonesia yang menjual aksesori dan pakaian dari bahan asal manusia.

Jika bersalah, tersangka dapat dihukum 8 tahun penjara. Meski begitu, belum diketahui siapa desainer asal Indonesia itu.

Simak Video 'Deretan Desainer yang Gunakan Organ Manusia Dalam Karyanya':

[Gambas:Video 20detik]




(drg/tor)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT