Penyanderaan di Amsterdam Berakhir, Pelaku Ditabrak Mobil Polisi

Novi Christiastuti - detikNews
Rabu, 23 Feb 2022 10:10 WIB
Police vehicles cordon off a wide area in Amsterdam, Netherlands, Tuesday, Feb. 22, 2022, where an armed person is holed up in the Amsterdam Apple Store with at least one hostage in an hours-long standoff with scores of police massed outside. (AP Photo/Peter Dejong)
Situasi di lokasi penyanderaan di Amsterdam (AP Photo/Peter Dejong)
Amsterdam -

Situasi penyanderaan di sebuah Apple Store di Amsterdam, Belanda, berakhir setelah berlangsung selama beberapa jam. Sandera berhasil diselamatkan, sedangkan pelaku ditangkap usai ditabrak polisi dengan mobil saat dia keluar dari gedung.

Seperti dilansir DW dan Reuters, Rabu (23/2/2022), kepolisian setempat menyatakan bahwa pelaku penyanderaan berhasil ditangkap setelah dia berlari keluar dari gedung yang menjadi lokasi penyanderaan di alun-alun Leidsplein, yang biasanya ramai orang.

Pelaku dilaporkan berhasil ditangkap sekitar pukul 22.30 waktu setempat. Televisi nasional Belanda, NOS, menyebut bahwa penyanderaan ini awalnya dilaporkan sebagai perampokan bersenjata, dengan kepolisian pertama menerima pengaduan pada Selasa (22/2) petang, sekitar pukul 17.40 waktu setempat.

"Kami berhasil mengakhiri situasi dengan menabrak pelaku penyanderaan dengan sebuah mobil ketika dia berlari keluar," sebut Kepolisian Amsterdam dalam pernyataan via Twitter.

Usai ditangkap, pelaku menjalani perawatan medis atas luka-luka yang dideritanya.

Tidak diketahui secara jelas mengapa pelaku berlari keluar gedung. Namun sejumlah gambar yang beredar via media sosial menunjukkan dua orang berlari keluar dari Apple Store dan salah satu dari mereka ditabrak sebuah mobil, hingga terlempar ke atas kap mobil akibat benturan yang terjadi.

Tidak ada laporan korban luka lainnya dalam insiden ini. Satu pria yang sebelumnya disandera pelaku selama berjam-jam berhasil keluar dengan selamat.

Tonton video 'Pria Bersenjata Sandera Seseorang di Amsterdam, Polisi Berjaga':

[Gambas:Video 20detik]