Gempa M 6,2 Guncang Guatemala, 2 Orang Tewas

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Jumat, 18 Feb 2022 01:51 WIB
Ilustrasi gempa bumi (iStock)
Foto: Ilustrasi gempa bumi (iStock)
Guatemala City -

Pusat Seismologi Mediterania Eropa (EMSC) mengatakan gempa bumi magnitodo (M) 6,2 mengguncang Guatemala barat daya pada Rabu pagi waktu setempat. Sebanyak 2 orang tewas akibat serangan jantung pada saat gempa ini terjadi.

Dilansir Reuters, Kamis (17/2/2022), EMSC mengatakan gempa berada pada kedalaman 96 km (60 mil). Pusat gempa berada pada 16 km timur Tiquisate, Guatemala. Gempa juga meruntuhkan atap dan memicu tanah longsor.

Tiquisate merupakan sebagian besar penduduknya miskin. Wilayah pesisir negara Amerika Tengah itu dikelilingi oleh perkebunan pisang dan kelapa sawit besar yang diekspor ke Amerika Serikat.

Sementara itu, Badan Bencana Guatemala, Koordinator Nasional untuk Pengurangan Bencana (CONRED), memperkirakan gempa berkekuatan M 6,8.

Pada pukul 8.30 pagi waktu setempat, pihak berwenang telah melaporkan dua kematian. Korban adalah seorang wanita di Kota Mixco, pinggiran barat ibukota, dan seorang pria di kota dataran tinggi Quetzaltenango. Keduanya meninggal karena serangan jantung.

Gambar yang dibagikan oleh badan tersebut di media sosial menunjukkan bebatuan dan pohon tumbang menghalangi jalan setelah gempa, termasuk rute ke Antigua, kota kolonial yang populer di kalangan turis.

Menurut EMSC gempa awal diikuti oleh dua gempa susulan di atas magnitudo 4 di wilayah tersebut.

(lir/lir)