Aktor Hollywood Dibui 20 Tahun Atas Skema Ponzi Film Rp 9,2 T

ADVERTISEMENT

Aktor Hollywood Dibui 20 Tahun Atas Skema Ponzi Film Rp 9,2 T

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 15 Feb 2022 13:14 WIB
Zachary Horwitz promised healthy returns on investments, but was running a giant ponzi scheme and using the cash to fund a lavish lifestyle (Apu GOMES/AFP/File)
Ilustrasi (Apu GOMES/AFP/File)
Los Angeles -

Seorang aktor Amerika Serikat (AS) dijatuhi hukuman 20 tahun penjara terkait skema ponzi besar-besaran di Hollywood senilai US$ 650 juta (Rp 9,2 triliun). Aktor berusia 35 tahun ini menggunakan uang hasil penipuan itu untuk membiayai gaya hidupnya yang mewah, melibatkan yacht, jet pribadi dan supercar.

Seperti dilansir AFP, Selasa (15/2/2022), Zachary Horwitz (35) menciptakan kontrak-kontrak palsu yang dia sebutkan kepada para investor melibatkan HBO dan Netflix untuk mengelabui mereka agar menyerahkan sejumlah besar uang, yang dia belanjakan untuk menyewa jet pribadi, mobil mahal dan rumah mewah di Los Angeles.

"Horwitz menggambarkan dirinya sebagai kisah sukses Hollywood," ujar para jaksa dalam persidangan kasus ini, seperti disampaikan oleh Departemen Kehakiman AS dalam pernyataannya.

"Dia menjuluki dirinya sebagai pemain industri, yang... memanfaatkan hubungannya dengan platform streaming online seperti HBO dan Netflix untuk menjual kepada mereka hak distribusi film asing dengan harga tetap," ujar para jaksa dalam persidangan.

"Tapi, saat para korbannya menyadari, dia bukanlah pengusaha sukses atau Hollywood insider. Dia hanya berpura-pura," imbuh para jaksa.

Horwitz yang berakting dalam film horor kecil-kecilan dengan nama Zach Avery, memberitahu para investor yang ditipunya bahwa dirinya membeli hak distribusi asing untuk film-film AS, dan menjualnya kepada platform streaming.

Dalam aksinya, Horwitz menjanjikan setiap korbannya keuntungan besar sekitar 6-12 bulan kemudian.

Selama tujuh tahun, dia terus melakukan penipuan ini dengan memanfaatkan uang dari para investor atau korban baru untuk membayar korban-korban lamanya. Saat aksi Horwitz terbongkar, lebih dari US$ 230 juta telah lenyap.

Simak juga Video: Bareskrim Bongkar Kasus Penipuan Investasi Robot Trading Skema Ponzi

[Gambas:Video 20detik]




ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT