ADVERTISEMENT

'El Koki' Penjahat Paling Dicari di Venezuela Tewas dalam Operasi Polisi

Farih Maulana Sidik - detikNews
Kamis, 10 Feb 2022 05:05 WIB
Ilustrasi: pembunuhan, mayat, bunuh diri, garis polisi, police line
Ilustrasi tewas (Foto: Ilustrasi/Thinkstock)
Caracas -

Carlos Luis Revette atau 'El Koki' tewas dalam operasi kepolisian Venezuela. Dia merupakan penjahat yang paling dicari di negara Amerika Selatan itu.

"Lima penjahat yang berhadapan dengan polisi tewas dalam operasi yang dimulai pada Senin malam di negara bagian Aragua tengah, sekitar 30 kilometer dari Caracas," kata Menteri Dalam Negeri Remigio Ceballos, dalam sebuah pernyataan seperti dilansir dari AFP, Kamis (10/2/2022).

El Koki adalah kepala salah satu organisasi kriminal paling berbahaya di Venezuela. Pemerintah Venezuela telah menawarkan hadiah $500.000 untuk informasi yang mengarah pada penangkapan Revette.

"Kami berhasil menangkap 13 penjahat. Empat adalah wanita," ucap Ceballos.

Menurut Ceballos, polisi regional dan nasional, polisi ilmiah, dinas intelijen dan Garda Nasional semuanya mengambil bagian dalam operasi itu. Pihak berwenang masih mencari untuk menangkap salah satu sekutu utama Revette yakni Carlos Enrique Gomes, yang dikenal sebagai 'El Conejo' (kelinci).

Geng Revette disalahkan atas dua hari pemadaman kebakaran yang intens pada Juli 2021 di lingkungan Caracas yang menyebabkan 22 tersangka penjahat dan empat petugas tewas. Sekitar 2.500 petugas ambil bagian dalam operasi tersebut.

Observatorium Kekerasan Venezuela mencatat lebih dari 11 ribu kematian akibat kekerasan pada tahun 2021-kategori yang mencakup pembunuhan, kematian saat melawan penangkapan dan kematian yang masih dalam penyelidikan. Menurutnya, jumlah itu mewakili tingkat hampir 41 per 100.000 penduduk, salah satu angka terburuk di dunia.

Pemerintah sosialis populis Venezuela menuduh Amerika Serikat dan sekutu Amerika Selatannya, Kolombia mendukung kelompok-kelompok kriminal. Para kelompok kriminal itu disebut hendak mencoba mengacaukan Presiden Nicolas Maduro.

Lihat juga video 'Partai Berkuasa di Venezuela Menangkan Pemilihan Daerah':

[Gambas:Video 20detik]



(fas/fas)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT