ADVERTISEMENT

Al-Azhar Luncurkan Al-Qur'an Versi Huruf Braille untuk Tunanetra

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 09 Feb 2022 15:44 WIB
Ilustrasi Al-Quran
Ilustrasi (dok. Getty Images/iStockphoto/omairhq)
Kairo -

Salinan eksperimental Al-Qur'an yang ditulis dalam huruf Braille untuk membantu tunanetra baru-baru ini dipamerkan oleh institusi Al-Azhar Al-Sharif dalam Pameran Buku Internasional Kairo ke-53 di Mesir yang berakhir pada Senin (7/2) waktu setempat.

Seperti dilansir Arab News, Rabu (9/2/2022), Al-Azhar Press di bawah bimbingan dan perlindungan Imam Besar Dr Ahmed Al-Tayeb, Sheikh Al-Azhar Al-Sharif, menjalankan proyek percetakan Al-Qur'an dalam huruf Braille menggunakan sistem percetakan terkini.

Dalam pernyataannya, Al-Azhar menyebut versi eksperimental ini menampilkan ayat-ayat tertulis Al-Qur'an di samping huruf Braille yang menonjol untuk mencapai kerjasama masyarakat antara mereka yang bisa melihat dan tunanetra dalam menghafal dan membaca Al-Qur'an.

Disebutkan pernyataan itu bahwa langkah ini dilakukan Al-Azhar atas dasar keyakinannya dalam merawat orang-orang penyandang disabilitas, termasuk tunanetra, dan sebagai perpanjangan dari misi Al-Azhar dalam menyebarkan Al-Qur'an dan ajarannya.

Versi eksperimental yang dipamerkan Al-Azhar dalam pameran di Kairo ini dicirikan oleh ukurannya yang besar dan kertas karton yang tebal, di mana titik-titik huruf Braille sangat jelas dan menonjol sehingga para tunanetra bisa mudah membacanya dengan ujung jari.

Braille merupakan metode membaca dan menulis yang digunakan oleh tunanetra dan orang-orang dengan gangguan penglihatan. Nama Braille berasal dari penemunya, Louis Braille, asal Prancis yang kehilangan penglihatannya sejak usia 3 tahun.

Dia menemukan bahwa menggunakan sistem titik untuk membaca dan menulis jauh lebih mudah dan cepat dibandingkan metode sebelumnya dengan huruf cetak yang menonjol.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT