ADVERTISEMENT

International Updates

Pesan Menohok AS untuk Korut, Biarawati Gelapkan Dana Rp 12 M untuk Judi

Rita Uli Hutapea - detikNews
Selasa, 08 Feb 2022 19:01 WIB
This photo provided by the North Korean government, shows what it says a test launch of a hypersonic missile in North Korea Wednesday, Jan. 5, 2022. Independent journalists were not given access to cover the event depicted in this image distributed by the North Korean government. The content of this image is as provided and cannot be independently verified. Korean language watermark on image as provided by source reads:
peluncuran rudal hipersonik Korut (Foto: Korean Central News Agency/Korea News Service via AP)
Jakarta -

Amerika Serikat (AS) menyerukan Korea Utara (Korut) untuk menghentikan program nuklir dan rudal balistiknya, dan lebih memprioritaskan kebutuhan rakyatnya sendiri. Seruan itu disampaikan saat Rusia dan China menyalahkan sanksi-sanksi telah memperburuk situasi kemanusiaan di Korut.

Seperti dilansir Reuters, Selasa (8/2/2022), Rusia mengangkat pembahasan soal sanksi dalam forum Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sebagai bagian dari kepresidenannya atas 15 negara anggota sepanjang Februari ini.

Namun Duta Besar Rusia untuk PBB, Vassily Nebenzia, tidak bisa memimpin rapat karena dia dinyatakan positif virus Corona (COVID-19).

"Kami menyerukan DPRK (Republik Demokratik Rakyat Korea-red) untuk menunjukkan komitmen terhadap kesejahteraan rakyatnya dengan menghormati hak asasi manusia, menghentikan program WMD (senjata pemusnah massal) dan rudal balistik yang melanggar hukum, dan memprioritaskan kebutuhan rakyatnya -- warga Korea Utara yang rentan," sebut Duta Besar AS untuk PBB, Linda Thomas-Greenfield.

Selain berita tersebut, berikut ini berita-berita internasional yang menarik perhatian pembaca detikcom, hari ini, Selasa (8/2/2022):

- Malaysia Hapus Pemeriksaan Suhu Tubuh Mulai 11 Februari

Otoritas Malaysia akan menghapuskan prosedur pemeriksaan suhu tubuh dan pencatatan manual data pribadi sebagai syarat masuk ke tempat-tempat tertentu selama pandemi virus Corona (COVID-19) masih merebak. Pencabutan prosedur ini akan dimulai pada Jumat (11/2) mendatang.

Seperti dilansir The Star, Selasa (8/2/2022), rencana pencabutan itu diumumkan oleh Menteri Senior untuk Urusan Pertahanan, Hishammuddin Hussein, dalam pernyataan pada Selasa (8/2) waktu setempat.

Namun via Twitter, Hishammuddin menambahkan bahwa check-in dengan aplikasi MySejahtera masih diwajibkan saat memasuki tempat-tempat tertentu.

Tidak dijelaskan lebih lanjut alasan pemerintah menghapuskan prosedur pemeriksaan suhu tubuh yang berlaku sejak pandemi Corona merebak dua tahun lalu.

- PM Thailand Diboikot Menteri Saat Rapat Kabinet, Ada Apa?

Perdana Menteri (PM) Thailand, Prayuth Chan-O-Cha, menjadi korban pemboikotan oleh tujuh menterinya yang tidak hadir dalam rapat kabinet yang digelar Selasa (8/2) waktu setempat. Pemboikotan ini menjadi pertanda munculnya perselisihan di dalam koalisi pemerintahan 18 partai yang dipimpin Prayuth.

Seperti dilansir Reuters, Selasa (8/2/2022), mangkirnya para menteri dari Partai Bhumjaithai -- partai terbesar kedua anggota koalisi -- juga dinilai menjadi hal memalukan bagi Prayuth, setelah partainya Palang Pracharat mengusir faksi yang menguasai 21 kursi parlemen bulan lalu yang dituduh memicu perpecahan.

Aksi boikot para menteri itu disebut berkaitan dengan sikap mereka menentang rencana pemerintah untuk memperpanjang selama 30 tahun izin BTS Group Holdings mengoperasikan sistem kereta layang Bangkok, Green Line, dengan alasan tarif akan dinaikkan. Perpanjangan itu didukung oleh satu partai anggota koalisi lainnya.

Tidak diketahui secara jelas apa dampaknya, jika memang ada, pemboikotan itu terhadap pemerintahan dan Prayuth menolak berbicara kepada wartawan usai rapat kabinet.

- Sopir Truk Protes Wajib Vaksin, PM Kanada Serukan Setop Demo!

Unjuk rasa ratusan sopir truk yang menentang aturan wajib vaksin virus Corona (COVID-19) telah melumpuhkan ibu kota Ottawa di Kanada. Perdana Menteri (PM) Justin Trudeau menyerukan agar unjuk rasa itu segera diakhiri.

"Itu harus dihentikan," tegas Trudeau seperti dilansir AFP, Selasa (8/2/2022). Penegasan itu disampaikan Trudeau dalam debat darurat di House of Commons pada Senin (7/2) waktu setempat, sekembalinya dia ke parlemen Kanada setelah menjalani isolasi mandiri selama sepekan usai dinyatakan positif Corona.

Simak juga 'Iring-iringan Kendaraan Perang AS di Polandia':

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT