Serba-serbi Harapan agar Camilla Dikenal Sebagai Permaisuri

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 06 Feb 2022 19:33 WIB
Pewaris tahta Kerajaan Inggris, Pangeran Charles bersama istri, Camilla mengunjungi kompleks piramida Giza di Mesir (18/11/2021). Charles semakin sering terlihat ke publik dalam beberapa waktu belakangan.
Pangeran Charles dan Camilla saat mengunjungi Mesir (Foto: AP/MOHAMED EL-SHAHED)
Jakarta -

Harapan agar istri Pangeran Charles, Camilla nantinya akan dikenal sebagai Queen Consort atau permaisuri disampaikan langsung oleh Ratu Elizabeth II. Hal itu diungkapkan Ratu dalam sebuah surat yang menandai peringatan 70 tahun dirinya naik takhta kerajaan Inggris.

"(Ini) adalah harapan tulus saya bahwa, ketika saatnya tiba, Camilla akan dikenal sebagai Permaisuri saat dia melanjutkan pengabdiannya yang setia," kata Elizabeth dalam sebuah surat yang dilansir Reuters, Minggu (6/2/2022).

Secara aturan, panggilan permaisuri bagi Camilla memang nantinya akan disematkan jika pewaris kerajaan Inggris selanjutnya, Pangeran Charles, naik takhta sebagai Raja.

Respon Charles-Camilla Soal Harapan Ratu Elizabeth

Diketahui Charles dan Camilla menikah pada 8 April 2005 lalu di Windsor. Menanggapi harapan Ratu Elizabeth, pejabat di kediaman Clarence House milik keduanya mengatakan bahwa mereka "tersentuh dan merasa terhormat dengan kata-kata Yang Mulia (Ratu Elizabeth II)".

Camilla - yang gelarnya saat ini adalah Duchess of Cornwall - sekarang secara teratur mewakili keluarga kerajaan bersama Charles selama tugas resmi.

Sepanjang sejarah Inggris, istri seorang raja biasanya diberi gelar permaisuri. Pada saat pernikahan mereka, secara resmi diputuskan bahwa Camilla akan menggunakan gelar Permaisuri jika Charles menjadi raja.

Peringatan 70 Tahun Ratu Elizabeth II

Peringatan 70 tahun naik takhta Ratu Elizabeth dimulai dengan potong kue di kediaman pribadinya di Sandringham, Inggris. Ratu berusia 95 tahun itu tampak sumringah dengan gaun biru.

"Sang ratu, mengenakan gaun biru muda, juga memotong kue perayaan yang dipanggang oleh penduduk setempat dan mendengar lagu 'Selamat' yang dimainkan oleh band konser," demikian disampaikan pihak Istana Buckingham.

Dalam potret yang dibagikan, Ratu Elizabeth tampak berjalan-jalan di Istana Sandringham. Dia sudah tampil menggunakan tongkat sejak Oktober lalu namun pejabat kerajaan mengatakan penggunaan tersebut tidak terkait dengan kondisi kesehatan tertentu.

Simak selengkapnya di halaman berikut