Ratu Elizabeth Rayakan 70 Tahun Naik Takhta di Inggris, Begini Momennya

Syahidah Izzata Sabiila - detikNews
Minggu, 06 Feb 2022 10:17 WIB
Britains Queen Elizabeth II cuts a cake to celebrate the start of the Platinum Jubilee during a reception in the Ballroom of Sandringham House, the Queens Norfolk residence on February 5, 2022. - Queen Elizabeth II on Sunday will became the first British monarch to reign for seven decades, in a bittersweet landmark as she also marked the 70th anniversary of her fathers death. (Photo by Joe Giddens / POOL / AFP)
Ratu Elizabeth II memotong kue jelang peringatan 70 tahun naik takhta di Inggris (Foto: AFP/JOE GIDDENS)
Jakarta -

Ratu Elizabeth II memulai perayaan untuk peringatan 70 tahun berkuasa di Kerajaan Inggris. Dengan wajah penuh senyum, Ratu Elizabeth tak hadir dan memotong kue dalam pesta peringatan yang digelar di kediaman pribadinya di Sandringham, Inggris.

Dilansir AFP dan Reuters, Minggu (6/2/2022) Ratu yang kini berusia 95 tahun itu memang belakangan jarang tampil di depan publik setelah sempat dirawat di rumah sakit Oktober lalu karena penyakit yang tak disebutkan hingga harus beristirahat. Namun spesial di malam peringatan 70 tahun kekuasaannya, pada Sabtu (5/2) Ratu tampil sumringah dengan mengenakan gaun biru dan mutiara.

"Sang ratu, mengenakan gaun biru muda, juga memotong kue perayaan yang dipanggang oleh penduduk setempat dan mendengar lagu 'Selamat' yang dimainkan oleh band konser," demikian disampaikan pihak Istana Buckingham.

Britain's Queen Elizabeth II celebrates the start of the Platinum Jubilee at a reception in the Ballroom of Sandringham House, the Queen's Norfolk residence on February 5, 2022. - Queen Elizabeth II on Sunday will became the first British monarch to reign for seven decades, in a bittersweet landmark as she also marked the 70th anniversary of her father's death. (Photo by Joe Giddens / POOL / AFP)Britain's Queen Elizabeth II celebrates the start of the Platinum Jubilee at a reception in the Ballroom of Sandringham House, the Queen's Norfolk residence on February 5, 2022. - Queen Elizabeth II on Sunday will became the first British monarch to reign for seven decades, in a bittersweet landmark as she also marked the 70th anniversary of her father's death. (Photo by Joe Giddens / POOL / AFP) Foto: AFP/JOE GIDDENS

Dalam potret yang dibagikan, Ratu Elizabeth tampak berjalan-jalan di Istana Sandringham. Dia sudah tampil menggunakan tongkat sejak Oktober lalu namun pejabat kerajaan mengatakan penggunaan tersebut tidak terkait dengan kondisi kesehatan tertentu.

Ratu Elizabeth juga mengundang komunitas lokal dan kelompok masyarakat setempat dalam peringatan 70 tahun kekuasaannya. Tepat pada Minggu (6/2) Ratu Elizabeth akan memandai perayaan platinum Ratu, di mana ini adalah yang pertama bagi seorang Raja di Inggris.

Hadir pula para tamu penting, termasuk Angela Wood, seorang wanita yang membantu menciptakan resep ayam penobatan, pertama kali disajikan pada jamuan makan pada tahun 1953. Pada Januari lalu, Wood mengatakan kepada BBC bahwa dia membantu menyempurnakan resep hidangan ayam kuning yang dilapisi saus krim kari ketika dirinya masih seorang siswa sekolah memasak Cordon Bleu yang berusia 19 tahun.

Sebelumnya, pada Jumat (4/2) Istana Buckingham merilis rekaman video jelang peringatan 70 tahun naik takhta Elizabeth. Tampak barang-barang yang juga pernah ada saat pesta serupa, seperti kipas nenek buyutnya Ratu Victoria saat menandai tahun ke-50 naik takhta pada tahun 1887. Kipas itu ditandatangani oleh anggota keluarga, teman serta para politisi Inggris.

Peringatan naik takhta ke 70 tahun Ratu Elizabeth akan berlangsung sepanjang tahun. Puncak peringatan jatuh pada Juni mendatang, saat Inggris menetapkan libur panjang selama 4 hari.

Diketahui Elizabeth naik takhta sebagai Ratu Inggris setelah Raja George VI meninggal dunia karena kanker pada 6 Februari 1952, saat berada di Kenya untuk kunjungan internasional. Kala itu, Elizabeth masih berusia 25 tahun.

Saat lahir, Elizabeth sebenarnya tidak ditentukan menjadi ratu. Dia menjadi ratu karena pamannya Edward VIII turun takhta lantaran menikah dengan seorang wanita Amerika Wallis Simpson.

Pada tahun 2015, Ratu Elizabeth II mengalahkan rekor Ratu Victocia, yang menjadi penguasa terlama di Inggris.

(izt/knv)