Ratu Elizabeth Ungkap Harapan agar Camilla Dikenal sebagai Permaisuri

Syahidah Izzata Sabiila - detikNews
Minggu, 06 Feb 2022 11:17 WIB
Britains Queen Elizabeth II smiles during a reception in the Ballroom of Sandringham House, the Queens Norfolk residence on February 5, 2022, as she celebrates the start of the Platinum Jubilee. - Queen Elizabeth II on Sunday will became the first British monarch to reign for seven decades, in a bittersweet landmark as she also marked the 70th anniversary of her fathers death. (Photo by Joe Giddens / POOL / AFP)
Ratu Elizabeth II (Foto: AFP/JOE GIDDENS)
Jakarta -

Ratu Elizabeth II ingin istri dari Pangeran Charles, Camilla, nantinya akan dikenal sebagai Queen Consort atau permaisuri. Panggilan tersebut akan disematkan jika pewarisnya Pangeran Charles naik takhta sebagai Raja Inggris nantinya.

Dilansir Reuters, Minggu (6/2/2022) dalam sebuah surat yang ditulis untuk menandai peringatan 70 tahun naik takhta, Elizabeth menulis soal keinginan tersebut.

"(Ini) adalah harapan tulus saya bahwa, ketika saatnya tiba, Camilla akan dikenal sebagai Permaisuri saat dia melanjutkan pengabdiannya yang setia," kata Elizabeth.

Diketahui Charles dan Camilla menikah pada 2005 lalu di Windsor. Pejabat di kediaman Clarence House milik keduanya mengatakan bahwa mereka "tersentuh dan merasa terhormat dengan kata-kata Yang Mulia (Ratu Elizabeth II)".

Camilla - yang gelarnya saat ini adalah Duchess of Cornwall - sekarang secara teratur mewakili keluarga kerajaan bersama Charles selama tugas resmi.

Sepanjang sejarah Inggris, istri seorang raja biasanya diberi gelar permaisuri. Pada saat pernikahan mereka, secara resmi diputuskan bahwa Camilla akan menggunakan gelar Permaisuri jika Charles menjadi raja.

Peringatan naik takhta ke 70 tahun Ratu Elizabeth akan berlangsung sepanjang tahun. Puncak peringatan jatuh pada Juni mendatang, saat Inggris menetapkan libur panjang selama 4 hari, yang bertepatan dengan peringatan penobatan Elizabeth pada tahun 1953 lalu,

Peringatan akan dirayakan dengan berbagai kegiatan, seperti parade militer dan konser musik, pesta jalanan, "Makan Siang Jubilee Besar" nasional dan "Kompetisi Puding Platinum".

Koin peringatan 70 tahun telah dicetak untuk menandai tonggak sejarah baru yang belum pernah terjadi sebelumnya, Royal Mail juga mengeluarkan delapan perangko khusus untuk perayaan tersebut.

Pada hari Senin (7/2) akan dilaksanakan upacara penghormatan senjata di Green Park London, dekat dengan Istana Buckingham, dan di Kastil Edinburgh di Skotlandia.

Simak Video: Ratu Elizabeth II Restui Camilla Gunakan Gelar Ratu

[Gambas:Video 20detik]



(izt/knv)