Korut Uji Coba Rudal Terbesar Sejak 2017, AS Ajak Dialog

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 31 Jan 2022 10:28 WIB
People watch a TV showing images of North Koreas missile launch during a news program at the Seoul Railway Station in Seoul, South Korea, Monday, Jan. 31, 2022. North Korea confirmed Monday it test-launched an intermediate-range ballistic missile capable of reaching the U.S. territory of Guam, the Norths most significant weapon launch in years, as Washington plans to respond to demonstrate its committed to its allies security in the region. (AP Photo/Ahn Young-joon)
Warga Korsel menonton berita soal peluncuran rudal Korut yang melibatkan pengambilan foto dari luar angkasa (AP Photo/Ahn Young-joon)
Pyongyang -

Korea Utara (Korut) mengonfirmasi pihaknya telah menguji coba rudal balistik Hwasong-12 buatannya dalam uji coba terbesar sejak tahun 2017. Hulu ledak pada rudal balistik jarak menengah yang diuji coba itu dipasangi kamera yang berhasil mengambil foto Bumi dari luar angkasa.

Rudal balistik itu juga diketahui merupakan jenis yang sama dengan rudal Korut yang mampu menjangkau wilayah Amerika Serikat (AS) di Guam. Demikian seperti dilansir Reuters, Senin (31/1/2022).

Peluncuran terbaru Korut, yang merupakan peluncuran ketujuh sepanjang tahun ini, pertama dilaporkan otoritas Korea Selatan (Korsel) dan Jepang pada Minggu (30/1) waktu setempat. Ini juga menandai momen pertama kalinya rudal yang berkemampuan nuklir diuji coba oleh Korut sejak tahun 2017.

Korut diketahui menangguhkan uji coba rudal dan senjata nuklirnya sejak tahun 2017. Pada tahun itu, Korut menguji terbang rudal Hwasong-12 sebanyak enam kali, termasuk salah satunya mengudara di atas Pulau Hokkaido, Jepang, sebanyak dua kali.

Pada Agustus 2017 lalu, beberapa jam usai mantan Presiden AS Donald Trump memperingatkan bahwa setiap ancaman terhadap AS akan disambut 'api dan kemarahan', komandan Pasukan Strategis Korut menegaskan pihaknya 'secara serius mempertimbangkan rencana melancarkan serangan' yang melibatkan peluncuran serentak empat rudal Hwasong-12 ke arah Guam.

Disebutkan KCNA bahwa peluncuran rudal kali ini dilakukan sedemikian rupa untuk memastikan keselamatan negara-negara tetangga.

"Inspeksi uji tembak dilakukan untuk tujuan memeriksa secara selektif rudal balistik jarak menengah, jarak jauh, jenis darat-ke-darat, Hwasong-12 dan memverifikasi keakuratan seluruh sistem senjata ini," sebut kantor berita Korut, Korean Central News Agency (KCNA) dalam laporannya.

Korut sebelumnya menyebut Hwasong-12 bisa membawa 'hulu ledak nuklir berat berukuran besar'. Sementara para pengamat memperkirakan rudal IRBM Korut memiliki jangkauan hingga 4.500 kilometer.

Simak Video 'Jepang Deteksi Rudal Balistik ke-7 Korea Utara di Januari 2022':

[Gambas:Video 20detik]