ADVERTISEMENT

Rudal Balistik Korut Meluncur Lagi, Ketujuh dalam Sebulan Terakhir

Syahidah Izzata Sabiila - detikNews
Minggu, 30 Jan 2022 12:23 WIB
Korea Utara Kembali Tembakkan Rudal Balistik, AS Kutuk Keras
Ilustrasi (Foto: DW News)
Jakarta -

Korea Utara kembali meluncurkan rudal yang ketujuhnya pada bulan Januari ini. Peluncuran rudal dilakukan ke arah Laut Timur yang berada di Jepang.

Seperti dilansir AFP, Minggu (30/1/2022) militer Korea Selatan mengatakan telah mendeteksi rudal balistik jarak menengah yang ditembakkan dengan sudut tinggi ke arah timur menuju Laut Timur.

"Rudal balistik itu diperkirakan mencapai ketinggian maksimum 2.000 kilometer dan terbang sekitar 800 kilometer selama setengah jam," kata Kepala Staf Gabungan Seoul dalam sebuah pernyataan.

Penembakan rudal kali ini adalah yang terbesar sejak 2017 lalu. Korut melakukan aksi militernya sambil mengabaikan tawaran pembicaraan Amerika Serikat (AS).

"Itu menunjukkan bahwa Pyongyang mungkin telah menguji Rudal Balistik Jarak Menengah (IRBM) pertama sejak 2017," kata Joseph Dempsey, seorang analis di Institut Internasional untuk Studi Strategis di Twitter.

Korea Selatan menilai Korut mengikuti "pola yang mirip" dengan 2017 - ketika ketegangan terakhir mencapai titik puncak di semenanjung itu. Korsel memperingatkan Pyongyang dapat segera memulai kembali uji coba nuklir dan rudal antarbenua.

Pada 2017 itu, rudal Hwasong-12 terbang 787 kilometer dengan puncak lebih dari 2.111 kilometer. Analis mengatakan rudal itu bisa terbang sekitar 4.500 km jika ditembakkan pada lintasan balistik yang memaksimalkan jangkauan - menempatkan wilayah Guam di AS dalam jangkauan.

Pyongyang melakukan dua uji coba senjata pekan lalu, dan telah melakukan setidaknya empat uji coba senjata tambahan bulan ini -- termasuk apa yang disebut rudal hipersonik pada 5 dan 11 Januari.

Awal bulan ini, Korea Utara mengisyaratkan bahwa mereka dapat melanjutkan uji coba senjata nuklir dan jarak jauh, kegiatan yang telah ditunda sejak 2017.

Kehebohan Korea Utara datang pada saat yang sulit di kawasan itu, dengan hanya memiliki satu-satunya sekutu utama pemimpin Kim, China. China akan menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Dingin bulan depan, sementara Korea Selatan bersiap-siap untuk pemilihan presiden pada bulan Maret.

Di Korut sendiri, kini tengah bersiap merayakan ulang tahun ke-80 mendiang pemimpin Kim Jong-il pada Februari dan ulang tahun ke-110 pendiri Kim Il-sung pada April mendatang.

Simak juga 'Korut Luncurkan Rudal Balistik dari Kereta Api, Ini Wujudnya':

[Gambas:Video 20detik]



(izt/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT