6 Roket Hantam Bandara Baghdad, 1 Pesawat Sipil Rusak

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 28 Jan 2022 17:19 WIB
Wide-angle view of a modern aircraft gaining the altitude outside the glass window facade of a contemporary waiting hall with multiple rows of seats and reflections indoors of an airport terminal El Prat in Barcelona
Ilustrasi (dok. Getty Images/iStockphoto/skyNext)
Baghdad -

Serangan roket menghantam kompleks Bandara Internasional Baghdad di Irak dan dekat pangkalan udara Amerika Serikat (AS) di negara tersebut. Sedikitnya satu pesawat sipil mengalami kerusakan akibat serangan roket itu.

Seperti dilansir Reuters, Jumat (28/1/2022), sumber kepolisian setempat tidak melaporkan adanya kerusakan lainnya, maupun korban jiwa akibat serangan roket tersebut.

Sejumlah sumber keamanan yang dikutip AFP menyebut ada enam roket yang mengenai kompleks bandara Baghdad, termasuk di landasan dan area parkir.

"Satu pesawat sipil terkena serangan dan rusak," sebut salah satu sumber yang mendasarkan informasinya pada Kementerian Dalam Negeri Irak.

Satu sumber lainnya yang juga dikutip AFP mengonfirmasi serangan itu terdiri atas enam roket yang jatuh di sekitar instalasi sipil di kompleks bandara Baghdad. Disebutkan juga oleh sumber ini bahwa salah satu serangan mengenai sebuah pesawat yang sedang diparkir.

Menurut sumber kepolisian setempat, pesawat sipil yang mengalami kerusakan merupakan sebuah pesawat milik Iraqi Airways yang sudah tidak digunakan.

Sementara sumber ketiga yang dikutip AFP, mengidentifikasi pesawat yang rusak sebagai Boeing 767 milik Iraqi Airways, maskapai nasional Irak, yang sedang tidak digunakan dan tengah dalam perbaikan.