Roket Ditembakkan ke Rumah Ketua Parlemen Irak, 2 Anak Terluka

Rita Uli Hutapea - detikNews
Rabu, 26 Jan 2022 12:30 WIB
Ilustrasi ambulans.
ilustrasi (Foto: Istock)
Jakarta -

Sejumlah roket ditembakkan ke rumah ketua parlemen Irak. Akibatnya, dua anak terluka dalam serangan itu.

Sumber keamanan Irak mengatakan kepada AFP, tiga roket Katyusha mendarat sekitar 500 meter dari rumah Mohammed al-Halbussi di distrik Gurma di provinsi Anbar, sebelah barat Baghdad, ibu kota Irak, pada Selasa (25/1/2022) malam waktu setempat.

Dilansir dari kantor berita AFP, Rabu (26/1/2022), serangan roket itu terjadi beberapa jam setelah pengadilan tertinggi Irak mengonfirmasi terpilihnya kembali Halbussi sebagai ketua parlemen Irak.

Sumber keamanan yang minta identitasnya dirahasiakan itu mengatakan bahwa Halbussi adalah target serangan itu, tetapi tidak jelas apakah dia berada di rumah pada saat serangan tersebut.

Kepolisian Irak mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa dua anak yang terluka dalam insiden itu telah "dibawa ke rumah sakit di Gurma."

Sejauh ini, belum ada pihak atau kelompok yang mengklaim bertanggung jawab langsung atas serangan roket itu.

Halbussi (41) adalah seorang politikus Sunni dan telah memimpin parlemen Irak sejak 2018.

Beberapa serangan granat dalam beberapa hari terakhir telah menargetkan tokoh-tokoh politik dari partai-partai yang dapat bekerja sama dengan pemimpin Syiah, Moqtada Sadr untuk membentuk koalisi parlemen setelah pemilihan legislatif Oktober 2021 lalu di Irak.

Sadr, yang kubunya mengambil bagian terbesar dari kursi parlemen, sedang berusaha membangun koalisi yang menyatukan Taqadom - partai Halbussi - partai Sunni terbesar kedua dan kelompok Kurdi.

Lihat juga Video: Detik-detik Penggagalan Serangan Drone di Pangkalan Udara Irak

[Gambas:Video 20detik]




(ita/ita)