AS Serukan Warganya Angkat Kaki dari Ukraina Sekarang!

Rita Uli Hutapea - detikNews
Kamis, 27 Jan 2022 10:19 WIB
FILE - A convoy of Russian armored vehicles moves along a highway in Crimea, Tuesday, Jan. 18, 2022. With tens of thousands of Russian troops positioned near Ukraine, the Kremlin has kept the U.S. and its allies guessing about its next moves in the worst Russia-West security crisis since the Cold War. (AP Photo, File)
konvoi kendaraan lapis baja Rusia (Foto: AP Photo, File)
Jakarta -

Kedutaan Besar Amerika Serikat di Ukraina menyerukan seluruh warganya yang berada di negara bekas Uni Soviet itu agar mempertimbangkan untuk pergi sekarang.

Dilansir dari kantor berita AFP, Kamis (27/1/2022), seruan ini disampaikan karena meningkatnya kekhawatiran atas kemungkinan invasi Rusia.

"Kedutaan Amerika Serikat menyerukan warga AS di Ukraina untuk mempertimbangkan pergi sekarang menggunakan opsi transportasi komersial atau pilihan transportasi pribadi lainnya yang tersedia," kata Kedutaan Besar AS dalam sebuah pernyataan yang disampaikan pada Rabu (26/1/2022).

Kedutaan pun memperingatkan bahwa situasi keamanan "dapat memburuk dengan sedikit pemberitahuan".

"Warga AS yang ingin meninggalkan Ukraina saat ini memiliki banyak pilihan melalui penerbangan komersial dari semua bandara internasional Ukraina," imbuh kedutaan.

Ukraina dan negara-negara Barat menuduh Rusia mengumpulkan puluhan ribu tentaranya di perbatasan Ukraina dalam persiapan untuk kemungkinan invasi.

Sebelumnya, Departemen Luar Negeri Amerika Serikat pada Minggu (23/1) waktu setempat menyatakan pemerintah telah mengizinkan keberangkatan 'sukarela' para staf non-esensial Kedutaan Besar AS di Kiev, ibu kota Ukraina.

Pemerintah Inggris kemudian mengikuti langkah AS tersebut dengan menarik beberapa staf dan kerabat mereka dari Kedutaan Besarnya di Ukraina sebagai tanggapan atas "ancaman yang meningkat dari Rusia".

Lihat Video: Staf Kedutaan AS Diminta Tinggalkan Ukraina, Tapi Bukan Evakuasi

[Gambas:Video 20detik]