Listrik Tiba-tiba Padam di 3 Negara Ini Sekaligus, Ada Apa?

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 25 Jan 2022 16:49 WIB
power failure Concept
Ilustrasi (dok. iStock)
Almaty -

Tiga negara Asia Tengah dilanda pemadaman listrik massal pada Selasa (25/1) waktu setempat. Aliran listrik ke kota-kota besar di wilayah Kazakhstan, Kyrgyzstan dan Uzbekistan tiba-tiba terputus.

Seperti dilansir Reuters, Selasa (25/1/2022), jaringan listrik tiga negara bekas Uni Soviet itu saling berhubungan dan melalui Kazakhstan terhubung dengan jaringan listrik Rusia, yang bisa digunakan untuk menutupi kekurangan daya listrik yang tak diduga.

Saluran listrik utama di Kazakhstan, atau saluran listrik jalur Utara-Selatan di negara itu, terputus tiba-tiba pada Selasa (25/1) pagi waktu setempat.

Padahal saluran listrik itu menghubungkan area-area padat penduduk di Kazakhstan bagian selatan, dan dua negara tetangganya dengan pembangkit listrik utama di Kazakhstan bagian utara dan jaringan Rusia.

Operator jaringan listrik itu, KEGOC, menuturkan bahwa saluran listrik terputus akibat 'ketidakseimbangan darurat' di bagian jaringan Asia Tengah.

Akibatnya, warga di Almaty, kota terbesar di Kazakhstan, tidak mendapatkan aliran listrik. Laporan kantor berita Interfax, seperti dilansir Associated Press, menyebut bahwa sekitar 2 juta warga kota Almaty mendapati mereka tidak mendapat pasokan listrik pada Selasa (25/1) waktu setempat.

Demikian juga dengan beberapa kota besar yang dekat dengan perbatasan Kyrgyzstan dan Uzbekistan. Situs berita lokal Kazakhstan, Orda.kz, melaporkan pemadaman listrik juga melanda wilayah Turkistan, khususnya kota Shymkent dan di kota Taraz.

Simak juga 'Badai Salju Izzy Menghantam Wilayah Tenggara Amerika Serikat':

[Gambas:Video 20detik]